FacebookTwitter
Page 1 of 4212345...102030...Last »

Resep Tongseng Daging Sapi

By on Apr 24, 2017 in Diary, Food Porn

Berhubung Kak RG pernah memasak tongseng daging babi saat acara memasak di rumah beberapa waktu lalu, gue pun terinspirasi buat masak tongseng juga. Maklum, gue anaknya kompetitif bingit, sih. Tadinya, gue pengin banget masak tongseng daging kambing, tapi di kulkas nggak ada daging kambing. Apalagi, kata orang-orang masak daging kambing itu ribet, takutnya dagingnya bau ketek. Ya udahlah, pakai daging yang ada di kulkas aja! Kebetulan, di kulkas ada irisan daging sapi wagyu. Okelah hajar! Gaya bingit kan bikin tongseng pakai daging mevvah! Setelah menjelajah internet, akhirnya Kak Uung ketemu resep Tongseng Daging Sapi yang aduhai. Yuk, langsung aja masak! Bahan: 200 gram daging sapi wagyu (di rumah cuma ada segitu) 100 gram kol diiris 1 buah tomat diiris 1 batang daun bawang diiris 10 cabai rawit iris kasar 1 bungkus gula jagung Tropicana Slim dua sendok teh garam dua sendok makan kecap manis Tropicana Slim 4 sendok makan santan instan dicampur 1,5 gelas air Bahan halus: 5 siung bawang merah 3 siung bawang putih 2 butir kemiri 2 cm kunyit 1 sendok teh ketumbar 1 sendok teh merica 2 batang sereh digeprek 3 cm lengkuas digeprek 4 lembar daun salam Cara membuat: Berhubung daging sudah diiris, jadi tinggal direbus aja sampai matang. Tumis bumbu halus, masukan daging. Oseng hingga berubah warna. Masukan air santan dan bumbu-bumbu. Masak hingga mendidih, kemudian masukan kol, tomat, cabai, dan daun bawang. Lalu sajikan. Menu ini bisa dimakan oleh 4 orang. Resep Tongseng Daging Sapi tersebut gue contek di sini. Jikalau kalian ingin merasakan tongseng dengan bumbu lebih medok, kalian bisa pakai bahan dua kali lipat dari bahan-bahan di atas. Selamat mencoba! Foto: Ronny...

Pengalaman Cobain Mie Shirataki yang Bikin Kurus

By on Apr 24, 2017 in Diary, Food Porn, Review Produk

Sekarang, lagi ramai bingit diet ketogenik (keto). Itu lho, diet yang lebih banyak makan fats (lemak), lalu disusul protein, dan rendah akan karbohidrat. Gue nggak terlalu ikutin diet keto dan masih setia ikutin diet OCD. Tapi, gue setuju bingit kalau kita harus kurangin karbo dan gula demi masa depan yang lebih sehat. Gue pernah nulis soal diet keto di Travel Tips Pegipegi. Itulah kenapa mie Shirataki lagi hits banget akhir-akhir ini. Soalnya, mie Shirataki itu rendah karbohidrat, jadi cocok bingit buat dikonsumsi sama orang-orang yang diet keto. Karbohidratnya cuma 5 gram, Kak! Juga mengandung serat pangan sebesar 4 gram. Selain itu, mie Shirataki juga bebas dari gluten, gula, dan tentu aja rendah kalori. Coba kalian bandingkan sama Indomi* atau Sarim* yang mengandung banyak karbo jahat. Jauh bingit, Cuy. Berbeda dari mie yang beredar di pasaran. Mie Shirataki dibungkus dengan plastik dan direndam air. Warnanya bening dan agak putih. Mie Shirataki berasal dari Jepang dan terbuat dari ubi porang/ubi konjac. Katanya, serat dari ubi koncak namanya glucamonnan yang bagus untuk menurunkan berat badan sekaligus memperlancar berak dan seratnya mengandung probiotik yang bisa merangsang tumbuhnya bakteri baik di usus. Kalau makan mie ini, kalian bakal berasa kenyang lebih lama. Karena tidak ingin ketinggalan zaman, gue pun cobain mie Shirataki yang lagi hits ini. Kebetulan, gue juga tau Shirataki dari Rofandi, adiknya Kak RG yang lagi rajin diet. Kalian bisa beli Shirataki di supermarket impor atau Tokopedi*. Harganya masih terjangkau, sebungkusnya kira-kira Rp 7.500-8.500. Karena terlalu antusias makan mie Shirataki, gue langsung pisahin mienya dari air, cuci, lalu goreng. Hahaha… Padahal, seharusnya direbus dulu selama lima menit. Alhasil, jadi berasa kayak goreng mie jelly. Teksturnya berasa aneh. Kalau kata Kak Lucia Leaf yang sering makan mie Shirataki, mie ini memang harus direbus dulu supaya teksturnya jadi mirip mie biasa. Inilah hasil masakan...

Memasak Daging Babi Bersama Suami dan Selingkuhan

By on Apr 16, 2017 in Diary, Food Porn

Beberapa waktu lalu, gue bikin acara memasak yang haram-haram bersama Kak RG dan selingkuhan gue. Selingkuhan gue ini unik bingit karena sekujur tubuhnya dipenuhi bulu bak orang India. Bahkan, dia pernah sengaja menutupi bulu halusnya di wajah dengan BB cream seharga setengah juta. Nama selingkuhan gue adalah Mastini Ali. Yup, dia semarga dengan Muhammad Ali yang merupakan sepupunya. Untungnya, setelah gue menikah dengan Kak RG, dia sudah menemukan pengganti gue dan jadi tunangan orang. Meskipun sudah menemukan orang lain, tapi Mastini tetaplah menjadi selingkuhan gue yang berbekas di hati. Itulah sebabnya gue mengundang dia di acara memasak. Tema memasak kami kemarin adalah daging babi. Sungguh makanan orang kafir yang sering dilaknat oleh netizen. Tadinya sih, mau bikin lomba masak, tapi karena jurinya kurang, akhirnya bikin acara masak biasa aja deh. Setelah bersemedi selama tiga tahun lamanya di Gunung Kawi, akhirnya gue mendapatkan ide untuk masak Pork Katsu Saus Keju Pedas ala KaEfSi. Sedangkan, Kak RG masak Tongseng Babi dan Kak Mastini masak Sup Bakut Kacang. Sungguh perpaduan luar biasa antara makanan bule, Jawa, dan Cina. Seperti itulah penampakan gue kalau lagi di dapur. Masak aja kayak mandi, kudu pakai shower cap. Soalnya, sayang kalau rambut kena bau minyak dan bawang. Baru keramas, Cuy! Setelah bekerja keras selama berjam-jam di dapur sampai kudu pakai shower cap, kira-kira inilah hasil masakan kami. Yummy nggak? Mastini masak Sup Bakut Kacang soalnya masakan tersebut merupakan kesukaan Mastini dan Mastono (kokonya). Ya, makanan orang Cina pada umumnya kalau lagi kumpul keluarga gitu, deh. Kalau kata orangtua zaman dulu, sehat bingit, Cuy. Kuahnya enak bingit, apalagi kalau dimakan pas masih hangat. Begitu pula dengan daging bakut, kacang, dan wortelnya. Yang bikin ganggu itu cuma tulangnya aja, sih, karena proses masak yang cukup lama, bikin tulang bakut jadi rapuh bingit kayak hati. Jadi, kudu hati-hati pas...

Resep Daging Burger Ayam

By on Apr 15, 2017 in Diary, Food Porn

Setelah bikin resep daging burger sapi, kali ini Kak Uung bikin resep yang sangat berbeda, yaitu Daging Burger Ayam. Resepnya kayak daging burger sapi. Cuma tinggal ganti daging sapi dengan daging ayam. Ingat, ya, daging ayam! Bukan daging domba apalagi babi. Bahan: 500 gram daging ayam cincang (yang di gambar nggak sampai 500 gram) 1/2 butir bawang bombay 2 siung bawang putih 1 tangkai daun bawang Garam secukupnya Gula secukupnya (gue pakai gula Tropicana Slim) 2 sendok makan tepung maizena Telur secukupnya Tepung terigu secukupnya Tepung roti Kalau di resep daging burger sapi, gue nggak pakai tepung maizena. Soalnya daging sapi cincang lebih mudah dibentuk, soalnya teksturnya agak padat. Sedangkan, daging ayam cincang, teksturnya agak encer, sehingga lebih sulit dibentuk. Jadi kudu pakai bantuan tepung maizena sedikit. Cara membuat: Cincang kasar bawang bombay dan bawang putih. Tumis keduanya dengan minyak goreng atau mentega hingga harum. Letakkan daging di wadah, masukan garam, gula, tumisan bawang bombay dan bawang putih, dan tepung maizena. Ulek adonan hingga merata. Paling kece sih aduk pakai tangan hingga 10 menit. Kemudian bentuk adonan mirip daging burger. Jangan terlalu tipis atau tebal. Yang sedang-sedang aja, Cuy! Lalu, dibalut dengan telur yang sudah dikocok dan taburi dengan tepung terigu. Kemudian, balut lagi dengan telur dan taburi tepung roti. Rata-rata bisa jadi 7-10 daging burger ayam. Kalau nggak pengin goreng semuanya, sisa adonan bisa disimpan di freezer. Kalian bisa menyajikan daging burger ayam dengan roti, telur, atau keju. Makan pakai Indomie juga boleh. Suka-suka lo deh, Say. Pastinya, resep tersebut halal, lebih sehat ketimbang beli di resto siap saji, dan buatnya gampang! Selamat mencoba! Foto: Ronny  ...

Resep Daging Burger Sapi

By on Mar 26, 2017 in Diary, Food Porn

Kalau kalian googling soal bahaya makan burger, pastinya bakal keluar banyak artikel mengenai hal tersebut. Padahal, makan burger boleh-boleh aja lho sebenarnya. Jika pengin makan burger secara sehat dan aman, mendingan coba bikin sendiri aja, seperti yang Kak Uung lakukan. Lebih sehat karena nggak pakai MSG dan bahan pengawet, juga lebih enak karena bahannya full daging sapi, bukan pakai tepung. Dan yang lebih penting, dibuat dengan penuh cinta dan kasih sayang. Hasseeekkkk! Langsung aja yuk, intip resep daging burger sapinya! Bahan: 500 gram daging sapi cincang (yang di gambar nggak sampai 500 gram) 1/2 butir bawang bombay 2 siung bawang putih 1 tangkai daun bawang Garam secukupnya Gula secukupnya (gue pakai gula Tropicana Slim) 1 butir telur Cara membuat: Cincang kasar bawang bombay dan bawang putih. Tumis keduanya dengan minyak goreng atau mentega hingga harum. Letakkan daging di wadah, masukan garam, gula, tumisan bawang bombay dan bawang putih, dan telur ayam yang sudah dikocok. Ulek adonan hingga merata. Paling kece sih aduk pakai tangan hingga 10 menit. Kemudian bentuk adonan mirip daging burger. Jangan terlalu tipis atau tebal. Yang sedang-sedang aja, Cuy! Rata-rata sih, porsinya bisa buat 10 orang. Kalau nggak pengin goreng semuanya, sisa adonan bisa disimpan di freezer. Kalian bisa menyajikan daging burger sapi dengan roti, telur, atau keju. Makan pakai Indomie juga boleh. Suka-suka lo deh, Say. Resepnya dicontek dari sini dengan sedikit perubahan. Gampang bingit kan cara buatnya? Enaknya lagi, resepnya bisa dipakai semua orang karena halal a.k.a tidak pakai pork atau lemak babi. Sekian sudah resep Kak Uung yang satu ini. Selamat mencoba! Foto:...

Page 1 of 4212345...102030...Last »
Top

Makasih udah baca sampai selesai kak!

Biar nggak ketinggalan post terbaru, like facebook page gue ya…

mariskatracy-rock

 

The official website of blogger, book author, and eating champion Mariska Tracy