FacebookTwitter

Kunyit, si Kuning dengan Berbagai Manfaat dari Hutan Indonesia

By on Feb 18, 2020 in Diary, Food Porn

Share On GoogleShare On FacebookShare On Twitter

Sebagai orang Indonesia, siapa sih yang nggak kenal dengan kunyit? Bukan cuma bisa dibuat jadi jamu, tapi kunyit juga bisa diolah menjadi aneka masakan yang lezat dan kaya akan cita rasa. Kunyit juga sering dijadikan sebagai pewarna alami di makanan. Makanya, saya suka banget memasak menggunakan kunyit. Para pembaca pun juga harus tahu mengenai seluk-beluk rempah serbaguna ini.

Pastinya, kunyit yang selama ini kita konsumsi merupakan salah satu sumber pangan yang dihasilkan dari hutan. Hutan Indonesia merupakan salah satu penghasil devisa negara. Namun, lahan hutan di Indonesia terancam punah akibat kebakaran dan penebangan pohon yang dilakukan secara ilegal. Sedih banget kan kalau kita nggak bisa lagi menghasilkan kunyit dari hutan sendiri!

Lewat blog ini, saya ingin mendukung WALHI untuk menjaga kelestarian hutan di Indonesia. Semoga ke depannya tidak akan lagi kebakaran dan penebangan pohon di hutan yang dilakukan secara ilegal. Karena, hutan merupakan sumber pangan kita.

Hutan Ijen, Banyuwangi yang sempat mengalami kebakaran

Kenalan dengan kunyit

Minuman kunyit asam

Kunyit punya nama lain, yaitu kunir. Kadang disebut Curcuma. Merupakan salah satu tanaman rempah yang masuk dalam kelompok jahe-jahean atau zingiberaceae. Kunyit tumbuh subur di daerah tropis, di sekitar hutan atau bekas kebun. Tanaman kunyit banyak ditemukan di Asia Selatan, seperti Indonesia (Jawa), India, Cina Selatan, dan Filipina.

Tanaman kunyit tumbuh baik di daerah dengan intensitas cahaya penuh atau sedang. Pertumbuhan terbaik dicapai pada daerah yang memiliki curah hujan antara 1000-4000 mm per tahun. Jika ditanam di daerah curah hujan di bawah 1000 mm per tahun, sistem pengairan harus diusahakan cukup dan tertata baik.

Kunyit bentuknya mirip jahe, namun rasanya lebih pahit dan agak pedas. Makanya jika diolah, kunyit harus benar-benar dimasak sampai matang supaya bau langunya hilang. Jika menginginkan proses memasak yang lebih cepat dan lebih cepat hilang bau langunya, kita bisa menggunakan kunyit bubuk.

Kunyit dengan Aneka Olahannya

Kalau diicip mentah, kunyit memang nggak enak rasanya. Namun, kalau sudah diolah dengan baik, hati-hati bisa ketagihan dengan rasanya hihi… Sekarang ini, makin banyak olahan minuman dan makanan dari kunyit, baik yang tradisional maupun modern. Ada apa aja, nih?

Jamu Kunyit Asam

Gulai Ikan Barramundi

Gulai Ikan Barramundi

Bahan:

  1. 2 fillet ikan barramundi
  2. Garam, lada putih, dan gula pasir secukupnya
  3. Gula merah secukupnya
  4. 2 lembar daun salam
  5. 4 lembar daun jeruk
  6. 1 batang serai ukuran besar digeprek
  7. 3 buah bunga lawang
  8. 4 butir asam kandis
  9. 1 buah tomat, potong2
  10. 1 batang kayu manis
  11. 100 ml santan kental
  12. Segelas air kaldu ayam
  13. 15 gram mentega tawar

Bumbu halus:

  1. 10 butir bawang merah
  2. 5 butir bawang putih
  3. 1 ruas jahe
  4. 1 ruas lengkuas
  5. 1 ruas kunyit
  6. 1 sendok makan ketumbar
  7. 1 sendok teh jinten
  8. 1 sendok teh adas manis
  9. 15 cabe keriting merah

Bahan tumisan kentang:

  1. 2 buah kentang ukuran kecil potong-potong
  2. 1/2 butir bawang bombay, iris memanjang
  3. Secubit jinten dan garam
  4. 1 batang daun bawang iris memanjang

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus, kayu manis, daun salam, daun jeruk, gula merah, serai, bunga lawang, asam kandis hingga harum.
  2. Tuang kaldu ayam dan santan. Tambahkan gula pasir, garam, dan lada putih. Lakukan tes rasa.
  3. Tambahkan tomat dan kentang yg sudah dipotong2. Masak sambil lakukan tes rasa. Jika kuah terlalu kental, tambahkan sedikit air. Matikan kompor.
  4. Angkat kentang yg sudah direbus. Lalu di pan lain, tumis bawang bombay dan daun bawang sampai harum. Tuang kentang, taburi garam dan jinten. Masak hingga harum.
  5. Di pan lain, panaskan sedikit minyak lalu sear bagian kulit ikan barramundi dulu sampai krispi dengan api kecil aja. Lalu balik ikan dan masak sampai matang.
  6. Penyelesaian: saring kuah gulai lalu masak sebentar dengan mentega tawar. Sajikan kuah gulai dengan kentang dan ikan barramundi.

Vegan Lemon Tart

Kalau di resep beriku, kunyit digunakan sebagai pewarna alami agar warna kuningnya lebih menyala dan cantik.

View this post on Instagram

Bikin dessert boleh2 aja lho, tapi juga kudu perhatikan kandungannya. Jgn sampai tinggi akan gluten dan gula. Untuk dessert sehat keluarga, aku bikin Vegan Lemon Tart yg nggak pakai telur atau gluten. Karena aku pakai tepung almond yg mengandung protein, vitamin E, vitamin B2, dan serat. Vitamin2 tersebut juga bisa membuat kulit dan rambut jadi sehat. Kadar kalsium pada almond juga tinggi dan bisa mengurangi kadar hipertensi. Tart yg aku bikin ini juga pakai kurma yg juga menyehatkan. Juga ada kandungan buah lemon yg mengandung vitamin C, bisa mencegah konstipasi dan tinggi akan antioksidan. Lemon Vegan Tart Bahan kulit tart 1. 175 gram tepung almond (almond meal) 2. Sejumput garam 3. 3 buah kurma, buang bijinya 4. 1 sendok makan air lemon 5. 3 sendok makan minyak kelapa Bahan filling: 1. 350 ml susu almond 2. Parutan kulit lemon (lemon zest) dari 2 buah lemon besar 3. Air lemon dari 2 lemon besar 4. 1 sendok makan gula pasir 5. 35 ml minyak kelapa 6. 1/2 sendok makan agar2 bubuk 7. 1 ruas kunyit yg kecil banget, parut agar hasil akhir kuning 8. 1 sendok teh pasta vanilla Cara membuat: 1. Campur semua bahan tart, lalu haluskan dengan chopper atau food processor. Hasil akhirnya agak lengket. 2. Siapkan loyang tart sambungan. Tata adonan kulit di loyang sambil dipipihkan. 3. Panggang kulit selama 10 menit dengan suhu 170 derajat. Dinginkan dan sisihkan. 4. Buat fillingnya dengan campur semua bahan di panci. Masak dengan api kecil hingga mendidih. Biarkan hangat lalu tuang filling di atas kulit tart yg sudah dipanggang. 5. Tunggu uap panas hilang, masukkan ke kulkas minimal 2 jam. Kemudian hias permukaan tart dengan irisan buah lemon, anggur moondrop yg sudah dibelah dua, dan granola. Sajikan.

A post shared by Mariska Tracy (@mariskatracy) on

Pesmol Ikan Mas

Sate Ambal Khas Kebumen

Bahan:

  1. 2 lembar dada ayam fillet, potong-potong dadu dan tusukkan di tusuk sate
  2. 1 buah jeruk nipis atau air lemon secukupnya

Bahan marinasi sate (dihaluskan):

  1. 10 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 3/4 sendok teh kunyit bubuk
  4. 1 sendok makan ketumbar
  5. 1 ruas jahe
  6. 1 ruas lengkuas
  7. 3 butir kemiri yang telah disangrai
  8. 1 sendok makan gula merah
  9. 1 sendok teh garam
  10. 1/2 sendok teh lada putih
  11. 1/2 sendok makan kaldu ayam/jamur

Bahan saus tempe:

Ambil setengah dari bahan marinasi sate lalu dicampur dengan bumbu-bumbu berikut:

  1. 5 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1 butir kemiri yang telah disangrai
  4. 5 buah cabe keriting merah
  5. 7 cabe rawit merah
  6. 1/2 sendok makan gula merah
  7. 200-250 gram tempe
  8. Secukupnya garam

Cara memasak:

  1. Siram daging ayam yang telah ditusukkan pada tusuk sate dengan air lemon/jeruk nipis.
  2. Kemudian, ambil setengah bumbu marinasi yang sudah dihaluskan. Siram pada sate ayam dan remas-remas agar bumbu mudah meresap. Marinasi di kulkas minimal 20 menit atau semalaman.
  3. Di panci, masak sisa marinasi bumbu dan masak dengan bahan-bahan saus tempe lainnya hingga tempe matang dan bau langu hilang.
  4. Kemudian haluskan bahan saus tempe yang telah dimasak dengan blender hingga halus.
  5. Di grill pan anti lengket, panggang sate yang telah dimarinasi hingga matang dan bumbu mengering. Sajikan sate dengan saus tempe. Bisa ditambahkan bawang goreng, bawang merah mentah, dan irisan cabe rawit jika suka.

Tempe Bakar Bumbu Rujak

Manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan

Nah, sudah tahu kan mengenai asal-usul kunyit, aneka olahannya, dan manfaat dari kunyit? Sebagai orang Indonesia, kita patut bersyukur karena Tuhan menciptakan kunyit yang bisa tumbuh subur di hutan sendiri. Agar kita bisa terus sehat dan menikmati olahan dari kunyit, yuk, kita jaga kelestarian hutan Indonesia!

#PulihkanIndonesia #RimbaTerakhir #WALHIXBPN #HutanSumberPangan #BlogCompetitionSeries

 

Makasih udah baca sampai selesai kak!

Biar nggak ketinggalan post terbaru, like facebook page gue ya…

mariskatracy-rock

 

Top
The official website of blogger, book author, and eating champion Mariska Tracy