Hutan Indonesia Sebagai Penghasil Kelapa dengan Inovasi dan Aneka Olahannya

Hutan merupakan sebuah kawasan yang ditumbuhi tanaman dan pepohonan. Selain itu, hutan juga berfungsi sebagai tempat untuk hidup hewan-hewan. Dari hutan, kita bisa menghasilkan sumber kekayaan alam yang luar biasa, salah satunya sebagai sumber pangan atau makanan.

Sedih banget kalau hutan sering mengalami kebakaran dan ditebang secara liar. Lewat tulisan saya kali ini, saya ingin mendukung WALHI untuk menjaga kelestarian hutan Indonesia. Nggak mau kan kalau nantinya kita nggak bisa lagi mendapatkan bahan pangan berkualitas dari hutan di negeri sendiri?

Nggak bisa hidup tanpa kelapa

Salah satu bahan pangan yang dihasilkan dari hutan Indonesia adalah kelapa. Pohon kelapa tumbuh di hutan hujan tropis, jenis hutan yang umumnya ada di Indonesia. Hutan hujan tropis ditumbuhi pohon-pohon tinggi dengan iklim yang hangat. Curah hujannya tinggi dan musim kemaraunya pendek, yaitu lebih dari 1.200 mm per tahun. Pohon kelapa juga bisa beradaptasi untuk tumbuh di atas daerah berpasir seperti pantai atau pulau.

Pohon kelapa di Pulau Lengkuas, Belitung

Saya adalah penyuka kelapa dan beragam olahannya. Kelapa bisa diolah menjadi aneka makanan lezat. Dari kelapa sendiri ada beragam inovasi produk yang sering banget kita konsumsi. Tanpa terasa sudah tiga tahunan saya aktif memasak dan baking. Selama itu pula saya menyadari bahwa kita sebagai orang Indonesia nggak bisa lepas dari yang namanya kelapa.

Jadi, lewat tulisan ini, orang-orang yang membacanya bisa semakin tahu bahwa kelapa itu bukan sekedar dimakan dagingnya dan diminum airnya karena enak. Tapi, bagian-bagian dari kelapa banyak manfaatnya dan bisa dijadikan aneka olahan lezat. Sehingga, mereka makin sadar untuk menjaga kelestarian hutan Indonesia.

Beragam inovasi dari buah kelapa

Hingga kini, buah kelapa punya beragam inovasi di bidang pangan. Soalnya, dari satu buah kelapa baik itu yang tua maupun muda bisa dijadikan sebagai bahan pangan berkualitas. Contohnya sebagai berikut:

Produk dari kelapa

Air kelapa

Air kelapa merupakan cairan yang berada di dalam buah kelapa muda. Tentunya bisa diminum langsung dan bisa menyegarkan dahaga. Air kelapa biasanya menjadi minuman favorit di lingkungan tropis. Rasanya segar dan manis. Kini, air kelapa banyak dijual dalam bentuk kemasan.

Daging kelapa

Selain air kelapa, yang bisa dikonsumsi dari kelapa muda adalah dagingnya! Tinggal dikeruk aja dari kulitnya, maka kita bisa langsung menikmati daging kelapa yang menyegarkan dan terasa manis. Daging kelapa ini cocok juga dijadikan bahan dessert. Kadang juga bisa dijadikan bahan makanan savoury, lho.

Santan

Santan merupakan cairan seperti susu yang berasal dari parutan daging kelapa tua yang terlebih dahulu dibasahi, kemudian diperas dan disaring. Biasanya digunakan untuk memasak makanan yang kaya akan rempah, sebagai campuran minuman, makanan penutup, atau takjil saat bulan Ramadan. Santan pun kini tersedia dalam kemasan instan siap pakai yang dijual di supermarket. Santan instan tersebut aman untuk langsung dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

Kelapa parut

Kelapa parut setelah diperas menjadi santan, jangan langsung dibuang! Soalnya bisa diolah lagi menjadi aneka kue tradisional, masakan, dan dessert! Kelapa parut memang cepat basi dan tidak tahan lama. Namun, sekarang sudah banyak kelapa parut yang sudah dikeringkan (desiccated coconut) yang dijual di pasaran. Namun, kelapa parut kering tersebut nggak cocok untuk masakan. Lebih cocok untuk baking atau membuat dessert.

Gula merah

Gula merah ini terbuat dari sari pohon kelapa atau getah palma. Warnanya cokelat gelap kemerah-merahan dan sering digunakan untuk memasak masakan Indonesia.

Virgin Coconut Oil (VCO)

VCO berasal dari daging kelapa segar yang diekstraksi. Hasil ekstraksi alami tersebut menghasilkan minyak kelapa murni yang disebut VCO dan berfungsi sebagai lemak baik yang bisa langsung dikonsumsi, karena baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Coconut oil (minyak goreng kelapa)

Biasanya digunakan untuk memasak, seperti menumis, memanggang, atau menggoreng. Warna minyak ini jernih seperti air dan merupakan minyak jenuh. Artinya, minyak kelapa ini tidak menghasilkan radikal bebas dan memiliki bentuk atau struktur yang stabil meski dipanaskan. Jadi, minyak kelapa bisa digunakan berkali-kali karena tidak cepat menghitam atau gosong. Jika disimpan di ruangan dingin atau ber-AC, minyak kelapa akan membeku dan akan kembali mencair di suhu ruangan normal.

Aneka olahan dari kelapa

Rendang Daging

Siapa yang nggak kenal dengan rendang daging, sih? Olahan daging khas Minang ini disukai oleh banyak orang dan terkenal di luar negeri. Bahan dari buah kelapa yang digunakan adalah santan.

Ayam Goreng Serundeng

Ayam goreng serundeng ini terbuat dari air kelapa muda, parutan kelapa segar, dan digoreng dengan minyak kelapa.

Ayam Bakar

Ayam bakar ini bumbu halusnya ditumis dengan minyak kelapa lalu diungkep dengan rempah khas Indonesia dan gula merah. Setelah itu baru dibakar.

Kopi Mentega

Beberapa waktu lalu sempat ngetren kopi mentega yang aman untuk para pelaku diet keto, soalnya kopi ini pakai lemak baik berupa mentega tawar dan VCO. Selain bisa menambah energi, sarapan dengan kopi mentega juga bisa menunda lapar.

Tart Es Teler

Tahu kan minuman Es Teler yang jadi legenda dan terbuat dari daging kelapa muda, buah nangka, dan daging avokat sebagai bahan dasarnya? Nah, kemarin aku sempat bikin camilan es teler dalam bentuk tart. Selain menggunakan daging kelapa muda, aku juga pakai kelapa parut kering (desiccated coconut), dan santan instan kental.

Tart Es Teler

Bahan kulit:
1. 100 gram mentega
2. 180 gram tepung terigu
3. 20 gram desiccated coconut
4. 1/2 sendok teh garam
5. 1 kuning telur

Topping: daging kelapa, daging avokat, buah nangka, buah lontar
Bahan siram: santan instan campur krimer kental manis

Cara membuat:
1. Campur semua bahan kulit tart, uleni hingga kalis. Bungkus dengan cling warp dan diamkan di kulkas selama 40 menit.
2. Keluarkan adonan dari cling warp, lalu gilas dan tata di loyang tart yang kecil. Lakukan sampai adonan habis. Kemudian tusuk-tusuk permukaan kulit tart dengan garpu.
3. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat celcius lalu panggang kulit tart selama 30 menit. Tunggu tart dingin lalu beri topping dan bahan siram.

Donat

Kalau menggoreng donat dengan minyak sawit, biasanya jadi cepat gosong dan bentuknya jelek. Begitu aku coba goreng dengan minyak kelapa, hasilnya lebih bagus dan nggak gosong!

Klepon Cake

Klepon cake bukan cuma jadi jajanan tradisional, tapi kita juga bisa mengemasnya menjadi cake modern. Resep klepon cake di bawah ini aku ambil dari buku Indonesian Fusion Food karya chef Devina Hermawan, alumni Masterchef Indonesia season 5. Bahannya menggunakan santan instan kental, desiccated coconut, dan minyak kelapa.

Klepon Cake

Bahan frosting (buat 6 jam sebelumnya):

  1. 200 ml whipping cream
  2. 50 gram gula
  3. 100 ml santan instan
  4. 40 gram desiccated coconut

Cara membuat:

  1. Kocok whipping cream dalam keadan dingin (dari kulkas) dan gula dengan mixer sampai mengembang dan kaku.
  2. Aduk whipping cream dengan santan dan desiccated coconut, lalu bungkus dan simpan dalam kulkas minimal 6 jam atau semalaman.

Bahan sponge cake:

  1. 6 butir telur
  2. 150 gram gula
  3. 150 gram terpung terigu
  4. 1 sendok makan tepung maizena
  5. 1/2 sendok teh garam
  6. 1 sendok teh pasta pandan
  7. 60 ml minyak goreng kelapa

Cara membuat:

  1. Mixer telur dan gula hingga putih, mengembang, dan kaku. Lalu campurkan bahan kering dengan cara diayak dan diaduk perlahan.
  2. Tambahkan pasta pandan dan minyak kelapa. Aduk perlahan sampai merata.
  3. Siapkan 3 loyang yang sudah dioles mentega dan dilapisi baking paper. Tuang adonan ke loyang.
  4. Panaskan oven 180 derajat celcius dan panggang selama 15 menit. Lakukan tes tusuk dan cek apakah cake sudah matang.
  5. Tunggu cake dingin, lalu susun cake dan oles tiap lapisan dengan frosting. Lapisi permukaan luar dengan frosting dan taburi dengan desiccated coconut.
  6. Potong cake dan sajikan dengan ice cream juga brown sugar syrup.

Sate Lilit Khas Bali

Sate lilit berikut saya masak menggunakan santan dan parutan kelapa segar. Sambal matahnya tentu juga pakai minyak kelapa agar lebih wangi.

View this post on Instagram

Biasanya bikin sate lilit khas Bali pakai ikan tenggiri. Supaya nggak bosan, boleh dong cobain pakai ikan tilapianya @regalsprings_id. Ternyata rasanya nggak kalah enak padahal bumbu yg aku pakai simpel banget. Pastinya lebih sehat soalnya diolah dengan cara dipanggang. Makin lezat dengan tambahan sambal matah pastinya. Yuk, dicoba di rumah! Sate Lilit Tilapia khas Bali dengan Sambal Matah Bahan: 1. 1 bungkus fillet tilapia @regalsprings_id (200 gram) 2. Seruas kecil kencur 3. 1 cm kunyit 4. 2 sendok makan kelapa parut 5. 2 sendok makan santan kentan instan 6. 6 batang serai, kupas luarnya dan potong agar lebih pendek 7. Garam, lada putih, dan gula pasir secukupnya 8. 2 lembar daun jeruk, buang tulangnya 9. 5 butir bawang merah 10. 3 siung bawang putih 11. 4 cabe merah keriting 12. Sedikit minyak kelapa Cara membuat: 1. Haluskan di food processor atau chopper ikan tilapia dengan bahan2 lainnya kecuali serai dan minyak kelapa. 2. Bagi rata adonan tilapia jadi 6 dan lilitkan pada serai. 3. Siapkan panci grill yg sudah dioles sedikit minyak kelapa dan panggang sate hingga matang. Bahan sambal matah: 1. 6 butir bawang merah, iris2 2. 8 cabe rawit merah, iris2 3. 1 keping terasi 4. Secukupnya minyak kelapa 5. 2 lembar daun jeruk, buang tulang dan iris halus 6. 1 batang serai, ambil tengahnya, iris2 7. Sejumput garam 8. 1 sendok makan gula pasir 9. 1 sendok makan air jeruk nipis Cara memasak: 1. Panaskan minyak kelapa dan terasi. 2. Siramkan ke bahan2 lain yg telah dicampur. Aduk rata dan remas2. Sajikan sate lilit dengan sambal matah. Teman2, yuk, ikutan masak dengan tilapia @regalsprings_id! @novita._.sari @irwinlin @winny_irawati #regalsprings #inspirasitilapia #regalspringindonesia #regalspringstilapia

A post shared by Mariska Tracy (@mariskatracy) on

Manfaat kelapa untuk kesehatan dan kecantikan

  • Mengembalikan cairan tubuh dengan cepat. Karena, air kelapa mengandung elektrolit. Jadi, kalau kita habis berolahraga, cocok banget jika minum air kelapa. Dijamin badan akan kembali segar dan terhidrasi. Untuk para penderita diare juga harus banget minum air kelapa, soalnya cairan tubuh banyak yang berkurang akibat diare.
  • Mengatasi gangguan pencernaan. Selain bisa mengembalikan cairan tubuh saat diare, air kelapa juga bisa mengatasi masalah pencernaan. Seperti, sembelit dan cacingan.
  • Menstabilkan tekanan darah. Bagi penderita tekanan darah tinggi. cobalah untuk konsumsi air kelapa muda secara rutin agar tekanan darah lebih stabil.
  • Baik untuk yang sedang diet. Karena selain bisa menambah tenaga, kelapa juga rendah akan kadar gula juga lemak.
  • Bisa menetralisir racun. Jika kita mengalami keracunan makanan, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah minum air kelapa! Soalnya, air kelapa mengandung enzim yang dapat mengurai racun.
  • Bisa bikin awet muda. Rutin mengonsumsi air kelapa bisa bikin kulit lebih halus dan segar. Karena, air kelapa mengandung sitokinin yang memiliki anti-karsinogenik, anti pembekuan darah, dan anti penuaan.

Minyak kelapa berbeda dengan minyak kelapa sawit

Cukup banyak yang masih menganggap bahwa minyak kelapa (coconut oil) dan minyak kelapa sawit (palm oil) sama. Padahal, dilihat dari warnanya jelas berbeda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa minyak kelapa memiliki warna yang jernih seperti air. Sedangkan minyak kelapa sawit memiliki warna kekuningan lebih keruh.

Berdasarkan harga, harga minyak kelapa memang lebih mahal ketimbang minyak kelapa sawit. Namun, minyak kelapa tidak mudah panas dan menghitam, sehingga bisa digunakan berulang kali lebih banyak ketimbang minyak kelapa sawit. Dengan asumsi, jika minyak kelapa bisa digunakan berulang sampai enam kali, minyak kelapa sawit paling cuma bisa dipakai tiga kali untuk menggoreng.

Karena lebih berkualitas, biasanya hasil menggoreng dengan minyak kelapa bakal lebih renyah daripada pakai minyak kelapa sawit. Aroma minyak kelapa juga lebih nikmat, makanya sering digunakan untuk membuat sambal matah. Minyak kelapa juga dinilai lebih sehat, soalnya juga sering digunakan sebagai salad dressing.

Minyak kelapa sawit berasal dari ekstrasi biji kelapa sawit. Saat diekstrasi, biji kelapa sawit akan mengeluarkan cairan berwarna oranye. Kemudian cairan oranye tersebut disuling hingga menghasilkan minyak kelapa sawit yang berwarna kuning keemasan. Sedangkan minyak kelapa berasal dari ekstrak daging kelapa yang disuling dan diambil minyaknya.

Yuk, beralih ke minyak kelapa!

Menanam minyak kelapa sawit berdampak buruk untuk hutan Indonesia. Soalnya tidak sedikit hutan yang ditebang dan dibakar untuk perluasan lahan minyak kelapa sawit. Hutan yang terbakar akan melepaskan gas emisi karbondioksida dan membuat gas tersebut melayang ke udara.

Kebakaran hutan membuat hewan-hewan kehilangan tempat tinggal. Mereka bisa aja jadi korban kebakaran hutan. Asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan juga akan berbahaya untuk kesehatan hewan dan orang-orang di sekitar hutan.

Akar pohon berfungsi sebagai pencengkram tanah. Ketika hutan ditebang, tanah akan kehilangan vegetasi pelindung dan membuat tanah jadi tidak stabil. Sehingga menimbulkan erosi dan bisa longsor sewaktu-waktu.

Kalau kamu sudah tahu bahaya minyak kelapa sawit untuk kesehatan dan lingkungan hutan, masihkah ingin terus mengonsumsi minyak kelapa sawit? Yuk, mulailah beralih ke minyak kelapa agar lebih sehat sekaligus mengurangi permintaan terhadap minyak kelapa sawit.

#PulihkanIndonesia #RimbaTerakhir #WALHIXBPN #HutanSumberPangan #BlogCompetitionSeries