FacebookTwitter

Cara Mudah Menikmati Kopi Robusta dari Rumah

By on Sep 20, 2018 in Diary, Food Porn

Share On GoogleShare On FacebookShare On Twitter

Tidak diragukan lagi bahwa kopi robusta adalah salah satu jenis kopi yang paling banyak diminati oleh masyarakat kita. Kopi robusta memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya favorit baik bagi para konsumen, produsen hingga petani. Di antara alasannya, kopi robusta digemari karena seringkali cocok bagi banyak orang ketika dinikmati sebagai campuran minuman maupun ketika disajikan langsung. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menikmati kopi robusta yang bisa dicoba di rumah, baik sebagai alternatif minuman ringan hingga sebagai minuman yang berkhasiat.

Kopi Tubruk

Di antara cara paling “nusantara” untuk menikmati kopi robusta adalah dengan menyajikannya dalam bentuk kopi tubruk. Kopi tubruk adalah kopi yang dinikmati beserta dengan ampas kopinya. Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatannya, kita cukup menyiapkan kopi bubuk pada cangkir atau gelas untuk kemudian disiram dengan air panas dan diaduk beberapa saat. Beberapa orang menikmati kopi tubruk bersama dengan ampas kopi yang tercampur ketika diaduk atau yang mengambang, sedangkan sebagian orang yang lain lebih memilih untuk menunggu beberapa saat hingga ampasnya turun dan mengendap di bawah cangkir atau gelas serta membuang ampas kopi yang mengambang, terutama untuk jenis kopi yang hasil gilingannya tidak halus.

Kopi Susu

Sebagian orang menikmati kopi tubruk yang ditambahkan dengan susu, baik itu susu cair maupun susu kental. Penambahan susu ini dilakukan untuk mencampurkan aroma dan rasa dari kopi, karena kopi robusta memiliki rasa dan aroma yang khas, agar tidak terlalu kuat sehingga bisa disajikan sebagai minuman ringan maupun sajian di kala bekerja untuk sebagian orang. Penambahan susu cair pada kopi juga bisa memberikan sedikit efek kenyang, karena kandungan lemak yang ada pada susu. Sebagian orang gemar menikmati kopi tubruk dan kopi susu dengan tambahan sajian berupa gorengan, seperti misalnya pisang goreng, dan kombinasi ini banyak dijumpai di warung-warung kopi atau angkringan.

Kopi Jahe

Kopi jahe bisa jadi merupakan varian minuman kopi yang tidak akan banyak tersedia di dalam daftar menu kafe-kafe modern, namun faktanya, ada cukup banyak orang yang suka menikmati kopi jahe. Hal ini bisa dilihat sendiri ketika kita berselancar di internet, kita bisa menemukan resep-resep cara membuat kopi jahe. Ada beberapa cara dalam membuat kopi jahe, yang mana ini semua relatif dan kembali kepada selera masing-masing orang. Sebagian orang membuat kopi jahe dengan cara merebus jahe dengan air, kemudian menuangkannya ke dalam cangkir yang sudah berisi kopi (dan gula pasir). Ada juga yang memilih cara untuk merebus semuanya terlebih dahulu, untuk kemudian disaring sehingga kopi jahe bisa dinikmati tanpa ampas. Ada yang memilih untuk membakar jahenya dahulu untuk kemudian diseduh bersama dengan kopi, ada yang menggunakan gula merah sebagai gantinya gula pasir dan masih banyak lagi varian cara menikmati kopi jahe.

Keunggulan kopi robusta ketika dicampurkan dengan bahan yang juga memiliki rasa dan bau yang kuat seperti jahe adalah, rasa campuran ini tidak akan saling bertabrakan karena karakter dari kopi robusta itu sendiri, ditambah lagi, pengakuan sebagian orang yang gemar mengkonsumsi kopi jahe karena kopi jahe dianggap cocok untuk cuaca dingin dan kopi jahe dirasa berkhasiat untuk mengatasi perut kembung.

Sebenarnya masih ada banyak lagi cara-cara yang menarik dan seru yang bisa dicoba di rumah untuk menikmati kopi robusta. Sambil mengeksplorasi cara-cara tersebut, kita juga bisa memesan kopi robusta dari rumah melalui Bukalapak. Di Bukalapak, tersedia berbagai jenis kopi robusta dalam berbagai kemasan dan ukuran yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Sehingga kita bisa langsung mencoba kopi robusta tersebut atau bereksperimen dengan resep-resep dan campuran minuman dengan menggunakan bahan dasar kopi robusta.

 

Makasih udah baca sampai selesai kak!

Biar nggak ketinggalan post terbaru, like facebook page gue ya…

mariskatracy-rock

 

Top
The official website of blogger, book author, and eating champion Mariska Tracy