Memasak Lebih Sehat dengan Cookware Set dan Frying Pan Kangaroo Indonesia

Sebelumnya, Kak Uung pengin ucapin Selamat Tahun Baru 2018 untuk kalian yang merayakan. Di tahun 2017 kemarin, sudah banyak kesalahan dan kekhilafan yang gue buat, salah satunya jarang bahkan hampir tidak pernah ngeblog lagi. Sampai-sampai blog ini jadi sarang laba-laba bak tangan yang tidak pernah digandeng. Hahaha…

Mengawali tahun 2018, Kak Uung punya cerita mengenai cookware set dan frying pan baru yang gue punya. Kali ini merknya adalah Kangaroo Indonesia. Aslinya, Kangaroo berasal dari Vietnam dan memiliki visi untuk mengutamakan kesehatan konsumennya. Di Vietnam sendiri, Kangaroo merupakan brand nomor 1 untuk kategori home appliances dan sudah masuk ke Indonesia tahun 2015.

Kelebihannya:

  1. Terbuat dari material food-grade yang aman untuk memproses makanan.
  2. Lapisan anti lengketnya nggak mudah terkelupas dan bebas PTFE-PFOA (senyawa kimia berbahaya yang ada di teflon klasik.
  3. Memungkinkan kita untuk masak dengan sedikit minyak namun tidak lengket.

Apa aja sih cookware set dan frypan yang Kak Uung pakai dari Kangaroo Indonesia?

1. KG 864 Cookware Set

Ketiga panci tersebut memiliki diameter 16-20-24 cm. Bahannya Nano Tech SS dengan bahan anti lengket Xylan dari USA. Selain terlihat elegan dengan aksen warna gold, di bagian dalam panci tersebut juga ada alat pengukurnya.

2. KG 919 Frying Pan

Frying pan yang satu ini diameternya 24 cm, bahannya aluminium dengan anti lengket teflon. Juga ada tutupnya. Warnanya ijo cakep gitu. Matching sama warna makanan apa pun.

2. KG 675 Fyring Pan

Frying pan yang satu ini gue juga suka banget! Warnanya krem. Jarang kan ada alat masak yang warnanya kayak begini (kalau di rumah gue). Bahannya juga dari aluminium tapi anti lengketnya dari marble. Mulus kayak lantai rumah orang kaya. Hahaha… Diameternya 20-24 cm dan ada bonus spatula kayunya.

Lalu aplikasinya gimana, Kak? Seperti ini mix and match-nya.

1. Masak Ayam Goreng Bacem

Bahan: 1 kg ayam potong

Bumbu halus:

  1. 1,5 sendok makan ketumbar sangrai
  2. 3/4 sendok teh jinten
  3. 5 butir bawang merah
  4. 3 siung bawang putih

Bahan lain:

  1. 6 lembar daun salam
  2. 3 cm lengkuas digeprek
  3. 70 gram gula merah
  4. 1 liter air (air kelapa)
  5. 1 sendok makan air asam jawa (saring dari 100 ml air)
  6. Gula, garam, dan kecap manis sesuai selera

Cara membuat:

  • Cuci bersih ayam potong. Lalu campur ayam dengan bumbu halus dan bumbu lain di KG 864 Cookware Set yang diameternya 24 cm (paling gede). Karena ukurannya gede, jadi ungkep ayam hingga 1 kg pun nggak masalah.

  • Ungkep hingga mendidih dan air menyusut. Waktu ungkep ayam pakai panci ini, nggak perlu cemas airnya bakal luber soalnya ukuran pancinya cukup tinggi. Jadi, nggak perlu ditunggu atau dipantengin setiap saat. Kalau air sudah menyusut banyak, matikan kompor dan tiriskan ayam.

  • Goreng ayam hingga kecokelatan. Gorengnya pakai KG 919 Frying Pan yang sudah pasti anti lengket ketimbang kuali konvensional. Nyaman banget buat digunakan soalnya ada pegangannya juga tutupnya, sehingga proses matangnya lebih cepat.

Dan inilah hasilnya. Ayam Goreng Bacem!

Gue sudah bikin Ayam Goreng Bacem dua kali. Tapi, gue berasa hasil masakan kali ini lebih bagus dan rasanya lebih enak. Pastinya karena terbantu dengan pengalaman lebih banyak dan alat masak super canggih dari Kangaroo Indonesia.

2. Masak Dori Panggang

Bahan:4 lembar ikan dori

Bahan perendam:

  1. 2 sendok makan saus tiram
  2. 1 sendok makan kecap manis
  3. 1 sendok makan kecap asin
  4. 1 sendok makan kecap ikan/kecap inggris
  5. 1 sendok makan minyak
  6. 1 sendok makan madu
  7. 1/4 sendok teh lada putih
  8. 3 siung bawang putih cincang halus

Cara membuat:

  • Cuci bersih ikan dori dan taruh pada wadah. Sisihkan.
  • Campurkan semua bahan perendam, aduk rata dan balurkan pada ikan dori bolak-balik. Diamkan minimal 30 menit.

  • Panggang ikan dori di atas KG 675 Fyring Pan yang diameternya 24 cm hingga matang. Jangan lupa dibalik. Nggak perlu ditambahin minyak lagi karena frying pan yang satu ini anti lengket banget! Nggak bakal bikin daging ikan menempel di atasnya. Makanan pun terasa lebih sehat karena minyaknya sedikit banget (dari bahan perendam doang).

Ini hasil akhirnya. Hasilnya mulus kan! Badan ikan nggak rusak sama sekali! Paling enak dimakan pakai nasi hangat.

3. Masak Sup Goji Berry Kembang Tahu

Bahan:

  1. 400-500 gram tulang ayam
  2. 2 genggam goji berry
  3. 1 genggam biji teratai putih
  4. 1 bungkus kembang tahu
  5. Air secukupnya hingga bahan terendam
  6. Garam, gula, dan lada secukupnya

Cara membuat:

  • Cuci bersih tulang ayam. Campurkan dengan semua bahan yang ada di KG 864 Cookware Set yang diameternya 20 cm (ukuran sedang). Ukuran yang kayak begini cocok banget buat masak sup. Ukurannya nggak terlalu gede juga nggak kekecilan.

  • Rebus hingga mendidih. Untuk hasil maksimal, gunakan tutup panci. Matangnya lumayan cepat, lho!

Ini hasil akhirnya. Hangat, enak, dan sehat pokoknya. Kalau makan ini jadi nggak merasa bersalah karena pakai banyak bahan yang menyehatkan.

4. Sambal Bawang/Sambal Setan

Bahan:

  1. 200 gram cabai rawit merah/oranye
  2. 12 siung bawang putih
  3. 10 butir bawang merah
  4. Secukupnya garam dan gula
  5. Secukupnya minyak goreng

Cara membuat:

  • Cuci cabai rawit hingga bersih. Lalu rebus cabai rawit dengan bawang putih dan bawang merah menggunakan KG 864 Cookware Set yang diameternya 16 cm. Kalau cuma rebus bahan yang nggak terlalu banyak kayak gini, cocok banget pakai KG 864 Cookware Set yang paling kecil.

  • Setelah bahan lunak dan harum, matikan kompor dan tiriskan bahan. Lalu, tumbuk kasar cabai dan bawang.
  • Kemudian, goreng cabai dengan minyak agak banyak hingga matang. Untuk menu Sambal Bawang memang kudu pakai minyak agak banyak karena ciri khas Sambal Bawang adalah disajikan dengan minyak yang cukup banyak. Kalian bisa menggunakan KG 675 Fyring Pan yang ukurannya 24 cm. Goreng Sambal Bawang pakai frying pan ini mantap banget! Nggak lengket sama sekali dan mudah dioseng-oseng.

This is it! Ini hasilnya, Kak!

Mantap banget kan! Masak apa pun bisa kalau kalian pakai cookware set dan frying pan dari Kangaroo Indonesia! Selain mudah, hasil masakan pastinya lebih sehat karena bahan alat masak yang dipakai juga aman untuk kesehatan.

Kalau pengin tahu banyak seputar Kangaroo Indonesia, ada alamat, nomor handphone, dan akun Instagram yang bisa kalian cek langsung, lho!

Kangaroo Indonesia

Jalan Harco Mangga Dua

Blok P No. 25

DKI Jakarta 10730

Telp: (021) 612 2588

WA: 0813 8416 8418

Instagram: @kangarooindonesia

Kalau untuk katalog atau daftar harga cookware set dan frying pan Kangaroo Indonesia, bisa kalian cek di Tokopedia, ya!

https://www.tokopedia.com/kangaroo-store