FacebookTwitter

Resep Ayam Geprek Pedas Mampus

By on May 14, 2017 in Diary, Food Porn

Mariska Tracy Share On GoogleShare On FacebookShare On Twitter

Belakangan ini, ayam geprek lagi dicari banget. Kalau jualan ayam geprek, harusnya bisa tajir melintir. Karena gue orangnya kompetitif, gue nggak beli ayam geprek, tapi gue bikin sendiri dong. Katanya sih, ayam geprek berasal dari Yogyakarta. Bermula dari anak kampus yang makan ayam goreng KaEfSi terus digeprek pakai sambal korek. Ternyata, rasanya nikmat mampus. Jadi, kalau mau bikin ayam geprek, pastinya kudu pakai ayam goreng tepung bak KaEfSi.

Resep ayam geprek di internet banyak bingit. Saking banyaknya, bingung harus ikutin yang mana. Akhirnya, gue ambil resep dari internet sedikit, ditambah dengan pengalaman gue sendiri saat memasak ayam goreng tepung dan sambal korek. Akhirnya, gue menamai menu ini Ayam Geprek Pedas Mampus!

Yuk, ah, langsung aja bikin!

Bahan ayam:

  1. 500 gram daging ayam fillet dipotong dadu (di gambar sih nggak sampai 500 gram)
  2. 4 siung bawang putih dicincang halus
  3. Garam secukupnya
  4. Lada secukupnya
  5. 2 butir telur ayam dikocok
  6. Tepung terigu serba guna secukupnya
  7. Minyak untuk menggoreng

Bahan sambal korek:

  1. Bawang putih secukupnya
  2. Cabai rawit merah sesuai selera
  3. Garam secukupnya
  4. Minyak panas secukupnya

Side dish:

Kol goreng

Cara membuat:

  1. Marinasi daging ayam yang sudah dipotong dadu dengan bawang putih cincang, garam, dan lada. Diamkan selama minimal 15 menit.
  2. Daging ayam yang sudah dimarinasi, dicampur dengan kocokan telur, dan tepung terigu serbaguna supaya bisa digoreng tepung. Goreng hingga kecokelatan.
  3. Untuk bikin satu porsi Ayam Geprek Pedas Mampus, ulek dulu 1 siung bawang putih dengan 15 cabai rawit merah. Buat gue sih segitu sudah pedas bingit, ya! Kalau mau lebih mampus, tambahin lagi aja! Lalu tambahkan garam, ambil ayam goreng secukupnya, dan geprek dengan sambal tersebut.
  4. Kalau sudah digeprek, tuang tiga sendok minyak panas ke atas ayam geprek. Sajikan dengan nasi hangat atau kol goreng. Ayam Geprek Pedas Mampus ini bisa untuk 4-5 orang tergantung tingkat kerakusan seseorang.

Gue juga nulis resep tersebut di akun Cookpad gue dengan judul yang agak lebih normal, yaitu Ayam Geprek Pedas. Doakan Kak Uung, ya, supaya bisa jadi seleb Cookpad yang sukses. Hahaha… Babay!

Foto: Ronny

 

 

 

Top

Makasih udah baca sampai selesai kak!

Biar nggak ketinggalan post terbaru, like facebook page gue ya…

mariskatracy-rock

 

The official website of blogger, book author, and eating champion Mariska Tracy