Pertanyaan “Kapan Nikah?” Masih Dianggap Sopan oleh Angkatan Tua

Menjelang Imlek, Lebaran, atau hari raya apa pun, biasanya pertanyaan “kapan nikah?’ jadi pertanyaan paling najis ketika lagi kumpul keluarga. Yang sudah punya pacar aja bete banget dengernya, apalagi yang masih jomlo. Kalau jomlo, mau nikah sama siapa coba?

Pertanyaan itu bikin bete soalnya, masalah mau nikah atau nggak adalah urusan pribadi yang sepertinya nggak perlu diumbar ke semua orang. Ada orang yang menganggap nikah itu ibadah, penting banget, dan harus banget dilakuin karena kalau nggak nikah, bisa gatel-gatel. Ada juga yang menganggap nikah itu nggak penting dan emang nggak mau nikah. Toh, kalau nggak nikah juga nggak bakal langsung mati atau masuk neraka.

Buat yang sudah lumayan lama pacaran, tapi belum nikah-nikah juga, tentu aja mereka juga punya alasan sendiri. Karena, nikah itu nggak gampang, harus mikirin kestabilan duit dan emosional juga. Jadi, ngapain sih harus ikut campur segala? Emang situ yang bayarin bujet nikah atau biaya kehidupan rumah tangga mereka nantinya? Begitu pula dengan pertanyaan-pertanyaan lanjutan setelah menikah, seperti “kapan punya anak?”, “kapan punya anak kedua?”, “kapan punya cucu?”, dan sebagainya. Nggak sekalian aja tanya kapan mati?

Dan buat yang masih jomlo karena emang masih pengin sendiri atau karena belum ketemu orang yang cocok, gue rasa itu adalah hal yang wajar. Semua orang juga pasti pernah alamin hal itu. Jadi, daripada maksa orang supaya cepat-cepat punya pacar, terus malah bikin orang itu salah milih pacar, bahkan menikah dengan orang yang salah, mendingan urus aja kehidupan pribadi masing-masing.

mariskatracy-rock

Buat kalian yang termasuk generasi nggak tua-tua amat dan generasi millennial, mungkin kalian sudah tahu bahwa pertanyaan “kapan nikah?” itu emang nggak sopan. Karena kalian sudah bersentuhan dengan meme “kapan nikah?” di Path yang sangat menyentuh kolbu, seperti ini.

kapan nikah 1

kapan nikah 2

kapan nikah 3

kapan nikah 4

mariskatracy-rockNah, buat yang sudah sering lihat dan baca meme kayak begitu kan jadi sadar sendiri bahwa tanya “kapan nikah?” adalah pertanyaan nggak sopan dan bisa bikin diri sendiri dibenci sejuta umat. Tapi, buat orang-orang angkatan tua, salah satunya ortu kita sendiri, pertanyaan kayak begitu masih dianggap sopan. Malah kesannya bisa bikin akrab. Padahal mah, amit-amit.

Nyokap gue sendiri pun masih menganggap pertanyaan kayak gitu wajar.

“Mi, suruh si Tante itu nggak usah tanya-tanya ke aku kapan nikah. Minta dirobek-robek mulutnya, ya. Udah tua, tapi nggak sopan.” Gue pernah ngomong kayak gitu ke nyokap. Karena, pertanyaan kayak gitu bikin bete. Dan bukan cuma Tante itu yang bertanya, tapi juga banyak oknum yang minta disambelin mulutnya.

“Jangan kayak gitulah, Ung. Kalau ditanya kayak begitu, bilang doain aja,” jawab nyokap.

“Tanya kayak gitu nggak sopan tau! Semua orang belum tentu mau nikah, malah ditanya kayak gitu. Kan kurang ajar namanya. Nggak menghargai privasi orang!”

“Masa kayak gitu nggak sopan? Itu pertanyaan wajar-wajar aja, kok.”

“Kata siapa? Semua orang di media sosial udah ngomongin kalau pertanyaan kayak gitu nggak wajar. Mami juga kalau lagi kumpul keluarga nggak usah tanya ke anak orang lain kapan nikah! Itu ganggu banget tau. Mami bisa dibenci semua orang.”

Ya udah deh, terus nyokap gue cuma bisa diem. Mungkin udah sadar akan kesalahannya. Saran gue sih, buat ortu kalian yang juga suka kepo tanya-tanya ke kalian atau anak orang kapan nikah, mendingan kalian nasihatin supaya berubah. Soalnya, mereka kan nggak main media sosial dan mereka anggap pertanyaan itu wajar buat ditanya setiap tahunnya. Kalau masih ditanyain juga, jangan ragu buat kasih tau bahwa kalian nggak suka dengan pertanyaan laknat seperti itu. Kalau bisa, di acara berikutnya, kalian nggak datang aja.

mariskatracy-rockSegitu aja sih kotbah Kak Uung kali ini. Semoga bisa diterima dengan lapang dada. Dan buat kalian yang masih muda atau belum tua-tua banget, tapi suka banget tanya ke semua orang kapan nikah, berarti kalian adalah ABG (Angkatan Babe Gue).

Foto: szefei on depositphotos.com