FacebookTwitter

Menghilangkan Komedo dengan Garam dan Pasta Gigi

By on Oct 9, 2015 in Beauty, Diary

Mariska Tracy Share On GoogleShare On FacebookShare On Twitter

Komedo adalah makhluk menjijikan yang menumpang hidup pada kulit manusia, terutama di area wajah yang berminyak, seperti jidat, hidung, dan dagu. Biasanya berwarna hitam (blackhead) yang terlihat kayak pori-pori membesar dan menghitam. Terjadi ketika pori-pori membesar dan terbuka ke permukaan kulit dan ke kelenjar minyak, lalu teroksidasi oleh udara hingga berubah warna menjadi hitam atau cokelat. Atau bisa juga berwarna putih (whitehead) yang tampak seperti bintik-bintik kecil berwarna putih atau kuning. Komedo jenis ini terjadi ketika minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras.

Makanya, proses pengangkatan sel kulit mati perlu bingit dilakukan supaya sel kulit mati dan kelenjar minyak pada kulit nggak menumpuk dan berubah jadi komedo. Apalagi buat yang suka pake foundation dan kerja di luar ruangan yang banyak debu dan sering terkena sinar matahari.

Biasanya, penghilangan komedo dilakukan dengan menggunakan pore pack, facial di salon atau klinik, atau pencet sendiri di rumah. Nah, kalau pake pore pack nggak pernah berhasil di gue. Lebih gedean upil gue daripada komedo yang diangkat pake pore pack. Dan gue malas banget kalau harus facial karena pada dasarnya gue nggak suka muka gue dipegang-pegang orang lain. Kadang, gue suka pencet sendiri sih di rumah, cuma hasilnya nggak terlalu bersih dan cuma bikin hidung merah-merah.

Ternyata, ada salah satu solusi mudah buat menghilangkan komedo di rumah tanpa harus pergi ke tempat facial, yaitu dengan menggunakan garam dan pasta gigi.

Processed with VSCOcam with hb2 preset

Yang dibutuhkan cuma 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh pasta gigi. Dicampur jadi satu, lalu diolesin ke hidung dan bagian wajah lainnya yang berkomedo. Diamkan selama 5 menit, lalu gosok-gosok bagian wajah tersebut secara perlahan dan bilas sampai bersih dengan air hangat. Setelah bersih, bilas wajah lagi dengan air dingin supaya pori-pori mengecil kembali. Abis itu langsung bersih, Kak!

Neh, before-afternya! Klik to enlarge, ya!

IMG_9501Keliatan bedanya kan? Yang atas itu before, yang bawah after. Komedo gue nggak terlalu hitam dan kelihatan bingit, sih. Tapi, kalau dilihat dari deket, komedo gue banyak bingit! Mungkin afternya nggak bisa bersih-bersih banget dan masih ada komedonya sedikit. Tapi, nggak apa-apalah. Namanya juga eksperimen murah meriah. Hahaha… Apalagi, ada beberapa bagian komedo yang emang susah bingit buat dikeluarin.

Setahu gue, pasta gigi emang cukup ampuh untuk meredakan jerawat yang membandel. Sedangkan garam bisa membantu proses eksfoliasi (pengangkatan sel kulit mati) di kulit dan menghaluskan kulit. Perawatan kayak begini nggak cukup dilakukan sekali, lho, karena komedo bakal muncul terus selama pori-pori di wajah masih besar. Bolehlah dilakuin setiap seminggu sekali.

Btw, dengan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh pasta gigi, ternyata bisa kalian gunakan secara beramai-ramai dengan keluarga dan handai taulan. Banyak bingit, Cuy! Tadinya gue pikir cuma cukup buat dipake sendirian, ternyata malah bisa dipake buat se-RT! Cocok bingit dilakuin waktu lagi arisan, kumpul-kumpul ibu PKK, atau bahkan pesta lajang.

Oh ya, artikel ini kan banyak banget yang merespon dan mencobanya. Banyak yang berhasil, banyak juga yang merasa nggak cocok, khususnya mereka yang punya kulit sensitif. Biasanya kulit mereka jadi memerah dan panas karena pasta gigi. Kulit gue juga sensitif, tapi nggak masalah kok dengan penghilangan komedo dengan cara ini.

Mungkin karena pasta gigi yang gue pake adalah Enzim yang nggak pake detergen. Mungkin lho, ya. Alangkah lebih bagus sih, kalau kalian juga pake pasta gigi yang nggak mengandung detergen. Sebenarnya, mau pake pasta gigi merk apa pun, bebas-bebas aja. Tapi, kalau untuk kulit yang sensitif, lebih baik pake yang nggak mengandung detergen macam Enzim ini.

Jenis Enzim-nya yang mana, Kak? Terserah. Yang penting Enzim atau pasta gigi lain yang mengklaim produk mereka nggak pake detergen. Dan lebih baik pengolesan dilakukan di area wajah yang emang memiliki kulit yang lebih tebal dan lebih banyak ditumbuhi komedo, seperti dahi, hidung, dan dagu. Nggak perlu diolesin ke semua wajah.

Gosokin scrub garam dan pasta giginya pelan-pelan aja, jangan terlalu keras takutnya malah jadi luka. Kalau kulit kalian lagi berjerawat sangat parah, jangan pake metode ini, ya! Takutnya malah bikin jadi makin memerah. berjerawat, dan mengelupas.

Cukup sekian beauty tip dari Kak Uung. Ambil cucian di rumah Susi. Cukup sekian dan terima kasih. Sampai jumpa di beauty tip lainnya, ya! Ciaobella.

Foto: Mariska

 

 

Top

Makasih udah baca sampai selesai kak!

Biar nggak ketinggalan post terbaru, like facebook page gue ya…

mariskatracy-rock

 

The official website of blogger, book author, and eating champion Mariska Tracy