FacebookTwitter

Icip Daging Asap BBQ di Holy Smokes

By on Jul 19, 2015 in Diary, Food Porn

Share On GoogleShare On FacebookShare On Twitter

9 Juli 2015 kemarin, gue diajak Lizta ke liputan buka puasa. Gue pikir cuma liputan buka puasa biasa, ternyata ada acara review makanan segala. Ada acara review makanan soalnya restonya baru mau dibuka. Gue pun makin semangat karena bakal cobain makanan jenis baru! Resto baru itu namanya Holy Smokes yang nyediain daging asap BBQ ala Texas, AS.

Tadinya gue cuma pengin makan gratis di sana, tapi ternyata di sana selain ada media gathering, ada juga blogger gathering. Dan gue langsung kepikiran buat review Holy Smokes di blog ini. Sebagai mantan juara makan, nggak ada salahnya dong kalau gue banyak membahas makanan? Pas gue baca press kit-nya, gue baru tau bahwa Holy Smokes ini merupakan bagian dari Ersons Food, perusahaan penyedia jasa layanan makanan dan minuman yang udah mengusung berdirinya Hokkaido Ramen Santouka, The Holy Crab, dan The Holy Crab Shack! Holy Smokes merupakan ide terbaru dari Albert Wijaya, chef sekaligus pemilik Ersons Food.

Gue dan Kak RG adalah penggemar Ramen Santouka. Ramen-ramen di sana enak, apalagi ramen yang pake babi. Gue emang belum pernah review soal Ramen Santouka sih di blog ini, tapi gue pernah share foto-foto makanannya di Instagram. Nah, karena Ramen Santouka enak, gue pun berharap banyak sama daging asap BBQ di Holy Smokes. Awas aja kalau nggak enak! Kalau nggak enak, gue bakal gebrak meja sambil ngamuk-ngamuk kayak artis yang suka cari sensasi di infotainment. Siapa tau bisa disorot sama jurnalis teve terus masuk teve.

mariskatracy-rock

Selain lokasinya strategis, yaitu di jalan Wolter Monginsidi yang deket banget sama Pasar Santa, gue juga suka sama suasananya.

Photo 14-07-15 22.03.44

Photo 14-07-15 22.06.34

Photo 14-07-15 22.05.45

Photo 14-07-15 22.05.01

Photo 14-07-15 22.04.21

Minumannya refill, Kak!

Konsep restonya western banget. Kayak resto di film atau serial bule. Tempatnya juga cozy dan bikin kita nyaman berlama-lama di dalamnya. Karena tempatnya yang luas, kita bisa makan dengan nyantai sambil ngobrol tanpa takut orang lain nggak kebagian tempat. Pas gue dateng kemari sih, tempatnya bisa menampung banyak media dan blogger tanpa menimbulkan huru-hara. Sayangnya, kita nggak bisa melihat seperti apa dapur Holy Smokes, tapi chef Albert kasih tutorial bagaimana doi masak daging asap BBQ.

Photo 14-07-15 22.14.01

Chef Albert dengan beef brisket 7 kg.

Berat dagingnya 7 kg, Kak! Persis kayak berat barbel gue di rumah. Hahaha… Sebelum beef brisket tersebut dimasak, si chef terlebih dahulu membuang bagian-bagian nggak penting seperti lemak, urat, dan lain-lain. Setelah bagian nggak penting dibuang, doi nuangin bumbu-bumbu yang sudah diracik ke atas daging. Lalu dimasak dengan mesin pengasap canggih. Suhu yang dipakai rendah dan periode pengasapannya terjadi sangat lama. Untuk mengasapkan beef brisket seberat itu dibutuhkan waktu selama 14 jam agar bisa menonjolkan rasa daging yang terbaik! Makanya, konsep pengasapannya dinamakan low and slow! Gile deh, kalau masak beginian, bisa ditungguin sambil makan, mandi, bikin kue lapis, cuci baju, nyetrika, shopping, dan lain-lain.

Photo 14-07-15 22.07.25-1

Ini nih mesin pengasapnya. Kalau dibuka, dalamnya mirip kayak mesin yang dipake buat bakar sate.

Lalu, kami pun menunggu selama 14 jam sampe daging kelar diasepin. Sehingga, kami harus kembali keesokan harinya. Nggak deh, bercanda. Ternyata, chef Albert udah siapin Smoky Beef Brisket yang udah jadi.

Photo 14-07-15 22.15.08-2

Yang kiri itu smoky beef brisket yang udah jadi. Sedangkan yang kanan itu before-nya.

Gile ye, ukurannya langsung menyusut. Kalau pengin kurus, coba deh badan kalian diasepin di Holy Smokes. Ukuran tubuh kalian pasti langsung menyusut! Hahaha…

Photo 14-07-15 22.15.48

Kalau diliat dari jauh, bentuknya emang nggak enak diliat, tapi pas diliat dari dekat dan dipotong-potong, bentuknya menggoda juga, kok! Menggoda untuk dimakan.

Kami pun disuruh cobain lezatnya smoky beef brisket!

Kami pun disuruh cobain lezatnya smoky beef brisket!

Pas gue cobain, beh, rasanya maknyus banget! Bener banget sesuai sama namanya, smoky beef brisket ini potongan dagingnya terasa kenyal dan bagian luarnya renyah.

Photo 14-07-15 22.17.06

Photo 14-07-15 22.17.31

Di Holy Smokes, smoky beef brisket disajikan dalam bentuk irisan seperti ini.

Photo 14-07-15 22.08.53

Itu adalah smoky beef brisket yang disajikan dengan menu pendukung, yaitu coleslaw, onion straw, dan mac & cheese. Di atas smoky beef brisket-nya terlihat ada saos. Saos yang dipakai adalah saos BBQ seperti ini.

Photo 14-07-15 22.01.47

Selain smoky beef brisket, masih ada menu andalan lainnya di Holy Smokes, yaitu Texas Short Ribs. Daging iga pendek dan tebal yang diasapi secara konsisten selama 6 jam pada suhu rendah. Short ribs dianggap sebagai bagian yang paling lembut dibandingkan dengan daging iga lainnya.

Photo 14-07-15 22.13.03

Texas short ribs tersebut disajikan bersama onion straws dan baked beans.

Kita juga bisa menikmati lezatnya Southern Style Beef Ribs di Holy Smokes. Southern style beef ribs adalah iga belakang sapi yang memiliki tulang yang lebih panjang dibandingkan tulang rusuk lain dan dagingnya cenderung tebal di antara tulang. Untuk mengasapkan daging ini dibutuhkan waktu selama 4 jam.

Photo 14-07-018

Southern style beef ribs itu disajikan dengan onion straws, corn, dan homecut fries.

Menu andalannya emang cuma tiga, tapi kalian masih bisa menikmati menu lainnya, seperti BBQ Chicken.

Photo 14-07-15 22.09.54

Kalau ini foto lengkap menu pendukung andalan. Yang di tengah itu adalah Onion Straw. Side dish andalan di Holy Smokes ID. Terbuat dari bawang yang diiris tipis, membentuk “sedotan” dan digoreng renyah, sehingga menciptakan tekstur gurih dan garing.

Photo 14-07-15 22.09.26

Setelah cobain sedikit smoky beef brisket dan foto-foto menu andalan beserta pendukung di atas, akhirnya kami dikasi kesempatan buat icip smoky beef brisket yang sudah disajikan bersama chicken BBQ dan menu pendukung seperti ini.

Photo 14-07-15 22.18.06

Photo 14-07-15 22.18.47

Photo 14-07-15 22.19.21

Ibarat makan nasi padang, ada nasinya, rendang, daun singkong, cabe ijo, dan lain-lain. Begitu pula dengan menu di Holy Smokes. Makan daging asapnya bisa di-combine sama menu penunjang seperti BBQ chicken, corn, green salad, mac & cheese, baked beans, onion straw, dan lain-lain.

Entah kenapa gue lebih suka daging yang baru diasepin sama si chef Albert yang barusan. Mungkin karena masih fresh dan langsung dimakan, jadi rasa enaknya masih sempurna. Tapi, bukan berarti yang disajikan ala “nasi padang” nggak enak, lho. Tetep berasa enak, apalagi udah dipakein saos BBQ. Rasa smoky beef brisket-nya juga menyatu kalau dicampur sama roti dan menu penunjang lainnya. BBQ chicken-nya juga enak banget, apalagi kulit ayamnya! Ternyata kulit ayam itu bukan hanya enak karena digoreng, tapi juga enak kalau dipakein bumbu yang mantep dan diasepin.

Makan seporsi menu itu, rasanya udah kenyang banget! Tapi, gue tetep bisa abisin sampe abis. Biasanya kalau porsi makanannya banyak banget dan gue udah kekenyangan, perut gue pasti jadi nggak enak. Kata lainnya kenyang nggak enak. Tapi, kali ini gue bisa bilang kenyangnya enak banget! Kenyang tapi puas dan perut gue nggak sakit sama sekali. Kayaknya kalau dikasih seporsi lagi masih bisa masuk, lho. Suwer!

Harganya gimana, Kak? Harga-harganya bisa kalian lihat di sini.

Photo 14-07-15 22.02.59

Sekilas harganya agak mahal, ya! Tapi, kalau kalian udah tau gimana susahnya buat daging asap dan seperti apa enaknya menu-menu di Holy Smokes, kalian pasti mengerti bahwa harga segitu emang worth it. Ya, sekali-kali bolehlah memanjakan lidah dengan makan enak di sini. Udah gitu, bisa take away lagi! Kabar gembira banget, nih buat kalian yang tinggalnya agak jauh dari Wolter Monginsidi. Hehehe…

Kalau pengin langsung cobain enaknya daging asap BBQ di Holy Smokes, bisa langsung datang besok! Karena pada 20 Juli 2015, resto Holy Smokes resmi dibuka! Selamat mencoba, ya!

Holy Smokes

Buka: 11.30 – 22.00 WIB

Jl. Wolter Monginsidi No. 27

Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12180

Facebook: www.facebook.com/HolySmokesID

Instagram: @HolySmokesID

Foto: Mariska

 

Makasih udah baca sampai selesai kak!

Biar nggak ketinggalan post terbaru, like¬†facebook page gue ya…

mariskatracy-rock

 

Top
The official website of blogger, book author, and eating champion Mariska Tracy