FacebookTwitter

Mengatasi Jerawat di Punggung dan Dada

By on Mar 14, 2015 in Beauty, Diary, Review Produk

Mariska Tracy Share On GoogleShare On FacebookShare On Twitter

Awalnya, gue pikir kalau jerawat nggak muncul di muka, berarti larinya ke punggung atau dada. Begitu pula sebaliknya. Ternyata nggak juga. Karena, kalau emang salah pake produk, jerawat bisa muncul di muka, sekaligus badan. Apalagi, buat yang punya kulit sensitif dan berminyak kayak gue. FYI, daerah punggung dan dada itu juga merupakan area berminyak buat si pemilik kulit berminyak, selain muka. Jadi, nggak heran kalau jerawat suka bermunculan di sana.

Meskipun nggak langsung kelihatan, tapi tetep aja jerawat di punggung dan dada itu sangat mengganggu penampilan. Pas pake baju yang agak terbuka di daerah itu, langsung bikin penampilan kita jadi nggak enak dilihat. Rasanya pengin sirem tuh punggung dan dada pake obat pel lantai biar kuman-kumannya ilang! Selain ganggu penampilan, yang bikin KZL adalah bekasnya pun susah ilang dan bikin kulit jadi kelihatan belang kayak abis liburan dari Bali. Kalau belang gara-gara berjemur di pantai Bali sih nggak apa-apa. Ini cuma gara-gara jerawat bangkek. Kan malesin!

Kalau gue ngeluh soal hal ini sama nyokap, beliau cuma bisa menyalahkan kodrat.

“Sabar ya, Ung. Emang darah keluarga kita aja yang udah kotor dari sananya,” ujar nyokap.

Kalau denger kalimat barusan, seakan-akan keluarga gue abis bikin dosa besar yang telah menodai leluhur kami. Dan hukumannya adalah darah kami yang harus ternoda. Ah, sungguh nista rasanya!

mariskatracy-rockDengan pengalaman bertahun-tahun punya punggung dan dada berjerawat, gue pun makin ngerti cara mengatasinya. Ternyata, gue nggak boleh pake sabun mandi sembarangan. Padahal, banyak sabun mandi ucul di pasaran. Gue nggak boleh pake sabun mandi yang kandungan moisturizer-nya tinggi bingit. Gue pernah pake sabun Dove yang bikin kulit jadi lembut dan kenyal bingit, tapi abis itu break out di punggung dan dada. Sedih.

Pake sabun cair berbahan dasar krim dan wanginya ucul kayak begini juga berbahaya buat pemilik kulit berminyak! Gue pernah pake sabun ini selama beberapa minggu. Abis itu, punggung gue langsung jerawatan lagi, padahal sebelumnya udah bersih.

Processed with VSCOcam with c1 preset

Guardian Strawberry Shower Cream

Kasihan bingit, kan!

Kalau misalnya pengin pake sabun cair, pakelah yang berbahan gel. Gue pernah pake sabun ini, terus punggung dan dada gue baik-baik aja. Yang gue tau sih, kalau produk kecantikan dari gel itu emang cocok untuk kulit berminyak.

Processed with VSCOcam with c1 preset

Super Fruits Juicy Shower Gel with Mangosteen and Goji

Tapi, lebih bagus lagi sih kalau mandi pake sabun batangan, meskipun bentuk dan wanginya kurang kece ketimbang sabun cair. Gue udah pake sabun JF Sulfur Acne Care cukup lama dan hasilnya memuaskan. Karena, sabun ini mengandung sulfur (belerang) yang bisa bikin jerawat di punggung dan dada cepet kering, penyembuhannya cepat, abis itu mencegah jerawat timbul kembali. Asal konsisten pake sabun ini dan nggak ganti-ganti sabun lagi, Insya Allah jerawat di punggung dan dada kalian nggak muncul kembali.

Processed with VSCOcam with g3 preset

Sebenarnya, sabun ini buat membersihkan muka yang berjerawat. Tapi, nggak ada salahnya kalau pake sabun ini buat badan kalau punggung dan dada kalian berjerawat. Sayangnya, sabun ini bikin bagian tubuh yang lain jadi agak kering. Jadi, sehabis pake sabun ini harus rajin olesin body lotion. Kalau misalnya gatel pengin pake sabun cair yang lebih melembapkan kulit, mendingan sabun cairnya dipakein ke bagian tubuh yang kering aja, seperti tangan dan kaki. Kalau punggung dan dada tetep pake JF Sulfur.

Harga sabun ini terjangkau bingit, kok. Harganya cuma @ Rp 9550 dengan berat 90 gram. Bisa dibeli di mini market, supermarket atau apotek.

mariskatracy-rockKalau misalnya jerawat di punggung dan dada banyak bingit, terkadang pake sabun aja nggak cukup. Perlu diolesin obat jerawat juga. Tapi, agak rempong kalau harus totolin obat jerawat yang biasanya dipake buat muka. Jadi, lebih bagus pake lotion jerawat. Karena teksturnya cair, obat jerawat ini lebih mudah dioleskan di punggung dan dada. Biasanya, gue pake lotion jerawat merk Acne Feldin.

Processed with VSCOcam with g3 preset

Pas diolesin, rasanya dingin-dingin gimana gitu. Gue sih lebih suka olesin pas malam hari sebelum tidur supaya nggak mengotori baju kerja. Tapi, kalau kena baju pun nggak perlu kuatir, soalnya dicuci langsung hilang kok nodanya. Lotion ini bisa bikin jerawat cepet kering dan sembuhnya lebih cepat.

Gue lupa berapa harganya, soalnya belinya udah lumayan lama. Kalau nggak salah sekitar Rp 50 ribu dengan berat 110 ml. Buat kalangan obat jerawat termasuk mahal sih. Lotion ini bisa didapetin di apotek.

mariskatracy-rockBegitu jerawat udah sembuh, masalah nggak selesai begitu aja. Karena, di punggung dan dada jadi banyak bekas jerawat yang kebanyakan bernoda hitam. Kayak yang tadi gue jelasin. Badan pun terlihat belang kayak abis berjemur. Untuk mengatasi hal itu, kita harus luluran minimal 2 kali dalam seminggu. Tapi, nggak harus ke salon buat luluran, karena di zaman modern seperti sekarang, udah banyak yang jual scrub.

Sebenarnya, nggak masalah kalau kita mau pake scrub rasa apa dan bentuknya kayak gimana. Tapi, gue lebih suka yang bentuknya gel. Lebih cocok untuk kulit berminyak. Favorit gue adalah Rice Milk Whitening Body Scrub Gel keluaran Beauty Secret.

Processed with VSCOcam with g3 preset

Luluran (scrubbing) bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Kalau sel kulit mati terangkat, otomatis timbulnya jerawat bisa dicegah, kulit makin cerah dan bekas jerawat di punggung dan dada pun pudar. Apalagi, kandungan rice milk juga dipercaya bisa membuat kulit makin cerah dan sehat.

Gel scrub ini bisa didapetin di supermarket. Harganya cukup mahal sih. @ Rp 52.750. Tapi, ukurannya cukup gede kok, yaitu 450 gram. Kalau dipake cuma 2 kali dalam seminggu, kira-kira bisa bertahan selama 1 bulan.

mariskatracy-rockSeperti itulah pengalaman Kak Uung mengatasi jerawat di punggung dan dada. Jikalau tidak diatasi, tidak mungkin gue bisa pake baju terbuka bak model seksi. Semoga aja kalian nggak muntah ketika melihat gue memamerkan punggung gue yang indah. Hahaha…

punggung

Foto: Mariska, Dok. Mariska

 

 

Top

Makasih udah baca sampai selesai kak!

Biar nggak ketinggalan post terbaru, like facebook page gue ya…

mariskatracy-rock

 

The official website of blogger, book author, and eating champion Mariska Tracy