FacebookTwitter

Hidup Sehat dengan Green Smoothies

By on Mar 9, 2015 in Diary, Food Porn

Mariska Tracy Share On GoogleShare On FacebookShare On Twitter

Gue bukan orang yang akrab dengan green smoothies. Denger namanya aja udah takut. Soalnya, warnanya ijo bingit dan bikin takut. Takut sama rasanya yang sayur bingit. Tapi, gue pernah cobain green smoothies di resto Mama Malaka yang ada di Grand Indonesia. Rasanya enak dan nggak seburuk yang gue bayangkan. Rupanya, sayuran-sayuran laknat tersebut emang sengaja dibuat dalam bentuk green smoothies supaya rasanya jadi enak dan bisa dinikmati oleh siapa aja, termasuk anak-anak dan orang dewasa yang nggak suka makan sayur.

Weekend kemarin, gue dapet liputan ke acara launching buku berjudul Green Smoothies: Super-Healthy & Healing Drink.

 

Processed with VSCOcam with c1 preset

 

Acara tersebut diadain di Warung Kebunku (Jl. Terogong Raya No. 11, Cilandak Barat, Jakarta). Gue suka sama warung makan ini, soalnya tempatnya vintage bingit kayak jiwa gue. Sesuai sama namanya yang terdengar sayur bingit, warung ini menyediakan berbagai macam makanan yang sehat dan alami. Karena, bahan makanannya fresh, bumbunya alami dan sayurnya dipetik dari kebun organik sendiri.

 

 

Nectaria Ayu, si penulis buku sekaligus pemilik Warung Kebunku nggak hanya adain launching buku, tapi doi juga adain workshop berjudul Making Lovely and Healthy Green Smoothies. Lewat workshop itu, kita diajarin buat praktekin resep-resep smoothies yang ada di buku itu. Dengan mengikuti kegiatan positif macam ini, minimal gue bisa ngerasain gimana rasanya masuk dapur. Bisa melatih insting untuk menjadi wanita seutuhnya. Mudah-mudahan, setelah pulang dari acara ini, gue bisa jadi perempuan yang rajin bikin smoothies atau mungkin jadi penjual smoothies yang ke mana-mana bawa blender.

 

 

Lho, kenapa di kedua foto tersebut bajunya Kak Ayu berubah dari biru ke hitam? Rupanya, fenomena warna dress black and blue dan white and gold pun masih berlanjut di workshop bikin smoothies! Menurut kalian, apa warna asli baju Kak Ayu? Kalau bisa jawab, kalian bakal dapet green smoothies buatan Kak Uung!

A. Biru

B. Hitam

(Btw, Kak Ayu itu yang rambutnya pendek dan pake kacamata)

 

mariskatracy-rock

 

Ada 4 resep green smoothies yang kami praktekkan di sana, yaitu Teenage Dream Smoothies, Colonic Cleaner Smoothies, Green Calcium Smoothies dan Coconut Milk. Kami pun terbagi dalam 4 kelompok. Masing-masing kelompok dapet 1 resep. Kebetulan, gue dapet nomor 4 dan dapet resep Coconut Milk. Kalau dilihat resepnya, kayaknya itu yang paling gampang.

 

Processed with VSCOcam with m5 preset

 

Kayaknya nggak mungkin gue bahas semua resep yang udah dipraktekin. Gue bahas 2 resep aja, ya, di sini. Kalau resep yang sayuran bingit itu adalah Colonic Cleaner Smoothies. Sesuai namanya, green smoothies ini berguna untuk membuat racun dalam tubuh. Kalau kita suka bingit makan makanan berlemak dan nggak sehat, green smoothies ini recommended bingit! Selain itu, juga bermanfaat untuk membuat kulit lebih cerah dan sehat.

 

Colonic Cleaner Smoothies

Bahan:

 

 

Cara membuat:

  1. Masukan pepaya beku, daun mint dan pakcoy ke dalam gelas blender.
  2. Peras jeruk di atas blender sambil disaring.
  3. Tambahkan 100 ml air, haluskan hingga setengah hancur.
  4. Bila sudah hancur, tambahkan sisa air. Haluskan kembali hingga tercampur rata.
  5. Tuangkan ke dalam gelas, minum segera.

 

 

Warnanya emang sayur bingit, tapi pas diminum, rasanya not bad kok. Nggak pahit, meskipun nggak pake gula sama sekali. Berasa bingit sayuran segarnya yang kecampur sama mint. Yang bikin rasanya manis adalah perasan jeruk dan pepayanya. Hebatnya, bau eek pepaya di green smoothies ini sama sekali nggak berasa.

Menurut Kak Ayu, jikalau kalian merasa green smoothies buatan kalian kurang manis, tinggal tambahin buahnya aja, lalu dijus lagi. Jadi, kalian nggak perlu pake gula untuk menambahkan rasa manis. Apalagi, gula itu nggak bagus untuk kesehatan dan bisa bikin kita terlihat makin tua.

 

mariskatracy-rock

 

Resep kedua yang gue mau bahas di sini adalah Coconut Milk yang menjadi bagian dari kelompok gue.

 

Coconut Milk

Bahan:

 

 

Cara membuat:

  1. Masukkan daging kelapa muda ke dalam gelas blender.
  2. Tambahkan air kelapa muda, haluskan menggunakan blender.

 

 

Rasanya kayak kelapa pada umumnya, tapi versi hancur dan lebih halus. Kayak minum susu gitu deh. Makanya disebut coconut milk. Buat penggemar kelapa, pasti bakal suka sama smoothies ini. Dan kelapa itu punya banyak manfaat untuk tubuh, yaitu meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan tulang, menyehatkan jantung dan mengatasi keracunan.

 

mariskatracy-rock

 

Minum green smoothies itu ada aturannya, yaitu:

  1. Harus diminum langsung sehabis diblender.
  2. Diminum 1 jam sebelum makan.
  3. Bukan untuk pengganti makan. Kalau pun mau diet, nggak disarankan buat cuma minum green smoothies, tapi juga tetep harus makan berat.

Kayak begitu deh pengalaman gue bikin smoothies. Eh nggak bikin juga sih. Tepatnya cuma foto-foto, terus cobain hasilnya, lalu menilai dalam hati. Ah, gue jadi merasa bersalah, karena tidak menjadi wanita seutuhnya. Jikalau gue kerasukan setan wanita tulen, sepertinya gue bakal mencoba untuk bikin green smoothies. Tinggal nyontek dari bukunya. Apalagi, resepnya juga mudah diikuti dan nggak sesusah masak rendang!

Kalo mau tau lebih banyak resep green smoothies, kalian bisa lihat di bukunya kak Ayu yang berjudul Green Smoothies: Super-Healthy & Healing Drink. Bukunya ada di Gramedia dan toko buku lain. Di buku ini kak Ayu nggak hanya menerangkan tentang macam-macam smoothies dan bagaimana cara membuatnya. Tapi, dia juga menerangkan tentang manfaat dari setiap jenis smoothies berdasarkan bahan kandungannya. Dari situ gue juga baru tau kalau manfaat smoothies itu banyak bingit! Nggak cuma sekadar buat lancarin pencernaan, diet atau buang racun. Tapi, ada juga yang bermanfaat untuk meningkatkan berat badan, meringankan sakit ketika PMS, mengembalikan mood agar bagus, anti penuaan, mengatasi jerawat, perut kembung dan lain-lain! Selamat mencoba, ya!

Foto: Mariska

 

 

Top

Makasih udah baca sampai selesai kak!

Biar nggak ketinggalan post terbaru, like¬†facebook page gue ya…

mariskatracy-rock

 

The official website of blogger, book author, and eating champion Mariska Tracy