FacebookTwitter

7 Shao Kao: Jajanan Sate Khas Cina

By on Jan 5, 2015 in Diary, Food Porn

Mariska Tracy Share On GoogleShare On FacebookShare On Twitter

Kalau di China, Shao Kao adalah jajanan sate pinggir jalan. Mungkin kalau di Indonesia, kayak kita liat jajanan gorengan tahu Sumedang yang bertebaran di mana-mana. Kebetulan, keluarga gue punya bisnis jualan sate khas Cina yang diberi nama 7 Shao Kao Chinese BBQ di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Kenapa dikasih angka 7 di depannya? Soalnya biar namanya beda sama resto Shao Kao lain yang juga buka di PIK. Keluarga gue lagi suka sama angka 7, karena angka 7 dianggap populer di kalangan bule. Awalnya gue juga heran sih, kenapa nggak pake angka 8 aja yang lebih Cina. Apalagi, filosofi angka 8 itu juga bagus, yaitu bisa membawa hoki. Tapi, kalau pake angka 8, emang kurang enak ucapinnya, sih. Lebih enak pake angka 7 (baca: Seven Shao Kao).

01acad5a4a5d013623e94ab82c332303c54b62924e

Yang bikin resep dan bumbu-bumbunya juga bukan orang sembarangan, tapi yang ajarin itu orang China asli. Bukan Cina Kota, peranakan atau sejenisnya macam gue. Emang kebetulan, sepupu gue yang buka resto ini nikah sama cewek China asli. Eh, tapi bukan cewek China yang jago pijat lho, ya! Nah, istrinya itu punya saudara yang jago meramu bumbu sate khas Cina! Tanpa jasa doi, resto 7 Shao Kao kayanya nggak bakal ada deh.

Gue ke sana tanggal 31 Desember 2014 kemarin. Emang udah direncanain banget buat makan sate pas malam Tahun Baru. Bisa dibilang, sate-sate yang gue makan di 7 Shao Kao adalah makan malam terakhir di penghujung 2014 kemarin. Perut kenyang, hati pun senang!

mariskatracy-rock

Buat main ke sana, butuh perjuangan berat. Pasalnya, gue anak Mangga Besar, cuy! Kurang menguasai daerah PIK dan sejenisnya. Dan letaknya cukup jauh dari rumah gue. Meskipun pas nyampe ke sana gue dan Kak RG keujanan. Rambut kami juga jadi lepek bingit. Tapi, gue lega pas nyampe di sana, soalnya tempatnya cozy dan homie.

0193dd3600a2f6c6babe2ffb7e3fd1ece4c19eb62b

Nggak perlu kuatir nggak bisa eksis, karena baterai hape abis. Toh, di setiap meja ada tempat buat nge-charge baterai hape. Kalau mau check-in lewat Path dan upload foto di Instagram, nggak perlu kuatir takut nggak ada sinyal. Soalnya, tinggal minta password wifi sama nyokap atau bokap gue yang juga jaga lapak di sana.

010227be650a0e0e59be61ab694dcc120f9fd8a463

Terus, kalian nggak perlu takut keabisan tempat duduk, karena meja dan bangkunya banyak banget. Masih ada di bagian depan, dekat tempat bakar sate. Cocok buat yang merokok. Sambil merokok bisa liat proses bakar sate secara langsung. Juga ada di lantai dua yang banyak sofanya.

01754266fe5487663208265b9a18df367d94b48922

Kalau mau cemilan, ada juga lapak Gelato Greendale buatan Ivan, adik kandung gue di sana. Atau mau mabuk-mabukan minum bir juga bisa. Karena ada sekulkas bir siap minum di sana.

01772af79ecedc692742cc5ce65edd803fc4bc7a62

01eadafe982eda3a1137c0326040977e924183ae7a

mariskatracy-rock

Kalau makanannya gimana, Kak? Bah, ada puluhan jenis sate di sana! Mulai dari sate daging, makanan laut, sampe sayuran, semuanya ada! Jadi, nggak perlu takut susah boker, karena kebanyakan makan daging. Toh, kalian juga bisa pesan sayuran di sana. Dan sayurannya juga diolah dalam proses pembakaran dengan bumbu super yummy!

0182b27623ac8566cc5e4e407c40068215b84ebcf1

mariskatracy-rock

Menu yang kemarin Kak Uung dan Kak RG cobain adalah:

Sate Usus Babi

01437843cf00ef849d02ebb5ab9e8eecf6fa6da6fe

Menurut gue dan Kak RG, sate usus babinya enak bingit! Gue suka makan daging babi, tapi kalau jeroannya, big no no. Agak jijay gimana gitu, tapi pas cobain makan sate babi di 7 Shao Kao, pandangan gue terhadap jeroan babi pun berubah. Jeroan babi terlihat manis di mata gue. Lebih manis daripada mukanya cowok-cowok Korea yang pake BB Cream.

Sate Babi Manis

0167e318a8d83d306c82b04661c5952b3631bf08b2

Kalau sate babi manis yang dijual sama abang-abang Cina Benteng yang jualannya pake sepeda aja udah enak banget, sate babi manis di 7 Shao Kao ini jauh lebih enak! Sumpah nggak lebay atau pun membangga-banggakan resto keluarga sendiri. Kak RG juga bilang begitu. Bahkan, menurut dia, rasanya mirip kayak floss bread di Bread Talk. Lumayan kan bisa mengobati kerinduan terhadap floss bread.

Sate Babi Biasa

0187f5d6406108fba6ebd33be1bb654e124bd1861d

Ini mirip kayak sate babi manis, tapi nggak manis. Lebih berasa asinnnya. Enak sih, asin-asin gimana gitu. Cocok buat penggemar makanan asin.

Sate Ayam

01c3e1ba9c247d65e0201f767325b232851bcf0881

Kalau sate ayam yang biasanya kita konsumsi itu, biasanya disajikan pake bumbu kacang. Kalau yang ini nggak pake bumbu kacang, karena pake bumbu sendiri dan lebih terasa unsur kecinaannya. Pas dimakan, beh berasa kayak makan snack apa gitu. Setelah diingat-ingat lagi, Kak RG pun menyadari kalau rasanya mirip kayak salah satu jenis sate ayam di Kyochon.

Sate Tulang Muda Ayam

0149adbcd83285d677cc8c2e688460ea77844d5023

Rasanya mirip kayak sate ayam dan kulit ayam, tapi sensasi pas makan tentu beda banget! Karena, yang kita makan adalah tulang mudanya. Kalau kata Kak RG, seru banget bisa hancurin tulang ayam pake gigi. Kata nyokap gue, jarang banget lho ada resto yang jual sate tulang ayam. Gue juga baru kali ini sih makan tulang ayam yang enak kayak begini.

Sate Kulit Ayam

01e16d0946e93ef3299f17c91f8eff78ae3015cbd1

Siapa yang nggak suka kulit ayam? Saking enaknya, meme kulit ayam aja bertebaran di Path. Biasanya, kulit ayam adalah bagian dari ayam goreng yang dimakannya terakhir, soalnya enak bingit rasanya! Gurih dan renyah gimana gitu! Begitu pula dengan sate kulit ayam di 7 Shao Kao! Kayak makan kulit ayam goreng yang biasa kita makan, tapi bumbunya jauh lebih enak! Bisa dibilang sate kulit ayam di sana merupakan favorit gue dan Kak RG!

Sate Kerang

01ad74a360ec7c1ae9eee78a75c76ee66557c8776f

Pas dikunyah, daging kerangnya lembut dan nggak keras. Rasanya juga enak bingit. Sensasinya menurut gue mirip kayak sate kulit ayam.

Sate Jamur Shitake

01f164b51a8be983e2377daa7fc46d38f068515468

Warnanya mungkin keliatan agak gosong gimana gitu, tapi sebenarnya nggak. Meskipun rasanya agak pahit, tapi pahitnya pas. Nggak keterlaluan gimana gitu. Pahit yang sensasinya enak.

Sate Udang Tiger

01b5d56ce301b7b788ce784100fc1a0c5dd779b37f

Udang tiger itu ternyata gede juga! Jadi, makannya udah pasti puas! Rasanya manis dan enak.

Sate Kucai

015c54d2bdabbb6755e63300ada0c3f8d744569613

Sate kucai merupakan salah satu jenis sate sayuran di 7 Shao Kao. Menurut kami, kalau makan sate kucai mending langsung makan aja begitu dihidangkan. Langsung campur nasi gitu! Karena, kalau udah dingin, enaknya langsung berkurang.

Terong

01c8e72b5e8f9ae5f8b33fb67c5517db193db16859

Kalau terong, pas dihidangin nggak pake tusuk sate, tapi tetep dibakar kayak makanan lainnya. Dipakein cabe, bawang putih dan bumbu lainnya. Pas terongnya udah jadi, penampakannya pun beda dari terong-terong yang biasanya dimasak sama nyokap di rumah. Kalau menurut kami sih, dimakannya lebih enak pake sambel baso goreng. Jadi, minta aja sambel baso goreng sama nyokap gue buat dipakein di atas terong.

Kerang Kipas

015fbcc44bfc362f385277e8b90eb02c240ea5a46f

Sama kayak terong yang disajikan tanpa tusuk sate, tapi tetap pake proses pembakaran. Iyalah, buat apa pake tusuk sate kalau bisa pake rumah kerangnya langsung! Kerang kipas ini udah dicampur dengan soun, bawang putih dan cabe cincang! Lebih enak dimakan pas masih hangat. Taroh di atas nasi, aduk-aduk terus masukin mulut. Beh, mantap rasanya, Kak!

Kerang Kampak

01941c3142097a50448115d114dc1393e9e17dd867

Campuran bumbu dan bahannya mirip kayak kerang kipas. Begitu pula penyajiannya, tapi ukuran kerang kampak jauh lebih besar ketimbang kerang kipas. Sama kayak kerang kipas! Lebih enak makan pas masih hangat dan dicampur nasi.

Sate Enoki

013bf0e905b8bddaa6cd693c191ed61770c61367da0199062b01e0dcb56d39ba59bc9397b1f83769cb24

Enak! Dulu gue pikir enoki cuma enak dimakan kalau digoreng pake tepung. Ternyata, pas dibakar enak juga, tuh. Itu karena bumbunya yang enak sih.

mariskatracy-rock
Foto-foto barusan kan masih dalam bentuk mentah. Tentu aja gue nggak makan satenya dalam bentuk mentah. Soal proses pembakaran sate, kita bisa lihat langsung bagaimana babi dan ayamnya disiksa, eh, dibakar maksudnya! Pas dibakar, wangi daging dan bumbunya pun ke mana-mana. Beh, lebih enak daripada aroma parfum yang gue pake!

01d71e9370afd508fdfcf1dffc3116eeb094be9721

014ea95d2e177197a1fb2666695f5a50e7dc13e951

mariskatracy-rock

Kalau foto di bawah ini, sate-sate yang kami pesan udah disulap jadi mateng dan siap buat dimakan! Oh ya, gue dateng berdua sama Kak RG, tapi yang narsis kok cuma gue, ya? Ternyata, Kak RG lupa buat numpang narsis!! Terus, gue juga lupa ingetin dia buat foto. Hihihi…

 

011f5c19c7fdb516fbe0ec122eef94123e9773b32f01e3d6afd6f7e75654ed75ece21ce1cc7c06ca4c96

Seperti itulah review tentang beberapa sate yang gue makan di 7 Shao Kao. Nggak semuanya dimakan sih, tapi setidaknya menu-menu di atas adalah menu utama yang sering dipesan pengunjung.

Bumbu yang diolah buat bakar sate pesanan kami dibikin pedas semua. Karena, kami emang suka banget sama makanan pedas. Sebenarnya, cuma gue doang sih yang fanatik pedas. Kak RG sih nggak terlalu. Dia cuma bisa pasrah sama pilihan gue. Pas gue makan satenya, pedasnya pas, tanpa mengubah rasa sate khas Cina. Dan gue sama sekali nggak menambahkan cabe lagi, karena rasanya udah cihuy! Padahal, kalau gue makan apa pun, gue selalu menambahkan cabe lagi, meskipun makanannya udah dibuat pedas bingit, karena gue takut rasa makanannya kurang enak dan pedas.

Menunya emang nggak semuanya halal, karena ada babinya. Wajar aja sih, kalau buka resto nggak halal kayak begini di PIK. Karena, sebagian besar pengunjungnya emang orang Cina yang terbiasa dengan daging babi. Tapi, kata nyokap gue, ada juga beberapa orang Muslim yang makan di sana. Bahkan, ada ibu Haji juga, lho. Dan pastinya, tempat bakar satenya juga terpisah antara daging babi dengan non babi, jadi nggak perlu kuatir.

015128c26a4bf68a1702eec7837720b758b02915ce

Lalu, apa bedanya resto 7 Shao Kao dengan resto Shao Kao lainnya di PIK? Jujur aja gue belum pernah cobain Shao Kao di tempat lain. Cuma ada banyak pengunjung yang dateng ke 7 Shao Kao dan bilang kalau sate di sana pilihannya jauh lebih banyak ketimbang resto Shao Kao lainnya. Udah itu, bumbunya juga lebih terasa yahud! Gue sih percaya sama komentar dari pengunjung, karena mereka pasti jujur. Toh, mereka ngomong kayak begitu juga nggak dibayar. Malahan, mereka udah bolak-balik berkali-kali ke 7 Shao Kao. Jadi jangan sampe nyasar ke resto Shao Kao yang lain, ya! Karena, letaknya itu di sebrang Sumoboo.

mariskatracy-rock

7 Shao Kao Chinese BBQ

Rukan Garden House Blok A/11

Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

(Sebrang Sumoboo, sederetan sama Cake A Boo)

Buka: Setiap hari, 15.00 – 03.00 WIB

0101e63a8d6a9664b76b015617a38b2e0e4527f826

Foto: RG

 

 

Top

Makasih udah baca sampai selesai kak!

Biar nggak ketinggalan post terbaru, like facebook page gue ya…

mariskatracy-rock

 

The official website of blogger, book author, and eating champion Mariska Tracy